Museum Angkut Batu Jawa Timur, Mari Berkunjung ke Wisata Transportasi Keren di Dunia


Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram socamanusa


Ana Bintang - Ketika liburan tiba pasti yang ada dipikiran anda adalah berwisata. Apakah anda suka pergi ke daerah yang biasa disebut gudangnya wisata? Lagi dan lagi Batu, Jawa Timur menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu luang anda. 

Selain alam, wisata buatanpun mendapat respon antusias ketika ada pembukaan wisata baru. Apalagi spot foto kece dan keren membuat wisatawan berlomba-lomba untuk memamerkannya di media sosial mereka. Salah satunya wisata Museum Angkut Batu Jawa Timur.

Wisata tersebut didirikan pada tanggal 9 Maret 2014 yang telah dibangun serta dikelola oleh pihak Jawa Timur Park Group selalu ramai dikunjungi hingga saat ini. Tak pernah bosan rasanya, bahkan sering mendapat perhatian ketika wisata ini direnovasi dan menjadi lebih menarik pengunjung.

Mengingat tujuan dari adanya wisata Museum Angkut ini agar wisatawan mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai berbagai macam kendaraan. Tak hanya itu, anda juga bisa mengetahui sejarah dari transportasi yang ada di dunia.

Perlu diketahui bahwa yang mengunjungi wisata ini bukan hanya wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan luar negeri. Lokasi Museum Angkut seringnya menggelar pameran, pernah digunakan untuk mengambil gambar dari vidio klip, dapat juga digunakan untuk prewedding serta pernah menjadi ajang kompetisi modifikasi mobil.

Wisata ini cukup terkenal dengan memiliki unsur budaya serta seni sekaligus sebagai tempat hiburan yang mengedukasi pengunjung. Sebaiknya anda harus mengetahui beberapa informasi singkat mengenai wisata Museum Angkut ini sebagai berikut.  

1. Dimana Lokasi Wisata Museum Angkut?

Museum Angkut berada di lokasi tepatnya Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Jika anda bingung jalan tersebut berada dimana, anda bisa menggunakan Alun-alun Kota Batu sebagai patokan awal.

2. Kapan Jam Buka Wisata Museum Angkut?

Jam Operasional Museum Angkut sekitar pukul 11.00 sampai dengan pukul 19.00. Apabila rumah anda jauh dari lokasi, bisa berangkat lebih pagi untuk menghindari macet dan sebagainya. Supaya saat sampai di lokasi, anda tinggal menunggu wisata ini dibuka.

3. Berapa HTM Wisata Museum Angkut?

Harga tiket masuk Museum Angkut terbilang murah, sebab dengan tiket masuk yang terjangkau sudah bisa menikmati dan mendapatkan ilmu seputar trasportasi dunia. Pasalnya harga tiket yang ditawarkan sekitar Rp. 80.000 setiap harinya.

Nih, bagi anda semua yang pengen banget melihat wahana dan atraksi menarik, elegan, klasik dan modern bisa langsung berwisata ke Museum Angkut. Sebab masih banyak lagi hal istimewa lainnya.

Ada beberapa syarat yang pasti memengaruhi biaya tiket masuk anda seperti di bawah ini.

  • Wisatawan akan dikenakan biaya tambahan, apabila membawa Polaroid, Kamera, Handycam dan sejenisnya
  • Wisatawan yang memiliki tinggi 85 cm biaya tiket masuknya secara penuh

4. Apa Saja Fasilitas di Wisata Museum Angkut?

Museum Angkut tentunya sudah menyediakan beberapa fasilitas yang lengkap bisa dinikmati oleh pengunjung. Lantas apa saja fasilitas yang ada di Museum Angkut ini sebagai berikut.

  • Area parkir yang luas
  • Mushola untuk beribadah
  • Tersedia toilet bagi pengunjung
  • Bagi yang ingin membeli makanan, tersedia foodcourt
  • Ada Smoking Area
  • Locker untuk menaruh barang
  • Wifi
  • Terdapat Gazebo nyaman untuk wisatawan
  • Lift yang bisa anda gunakan
  • Adanya pusat informasi
  • Tersedia free mobil angkut
  • Ada juga ATM Galerry
  • Penyedia jasa foto
  • Charging station untuk mengisi baterai ponsel
  • Ada juga rental kursi roda
  • Bagi anda yang ingin menginap sudah tersedia di sekitar wisata ini

Nuansa klasik dengan kendaraan nyentrik, wisata Museum Angkut menawarkan lebih dari 300 koleksi moda angkutan mulai dari angkutan tradisional sampai dengan modern. Bukan hanya itu saja, wisata ini didukung dengan bangunan menarik dunia diantaranya Amerika hingga Eropa.

Perlu diketahui bahwa didalam Musem Angkut terbagi menjadi beberapa zona. Kira-kira zona apa saja yang bisa anda kunjungi di wisata berikut ini.

1. Zona Hall Utama

Zona ini menjadi ruangan utama ketika anda sudah masuk ke dalam wisata Museum Angkut. Pada ruangan ini menunjukkan kesan mewah karena wisatawan disuguhi dengan pemandangan berbagai macam alat transportasi di dunia. 

Ruangan yang terdapat lampu menyala sehingga menambah kesan elegan. Transportasi dari waktu ke waktu menyambut mata pengunjung didukung dengan interior menarik yang ada.

2. Zona Edukasi

Zona ini berfokus pada koleksi alat angkutan dengan latar belakang sejarah di dalam negeri maupun luar negeri. Kurang lebih sekitar 900 persegi zona ini sangat menarik di mata pecinta otomotif.

Adapun salah satu kendaraan otomotif yang paling mengagumkan di zona edukasi ini yaitu adanya mobil Chrysler Windsor Deluxe yang dulunya pernah digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia saat itu ialah Bapak Soekarno.

3. Zona Sunda Kelapa serta Batavia

Zona ini memiliki desain yang mirip dengan pelabuhan sunda kelapa tempo dulu. Semua itu bertujuan agar pengunjung merasakan sensasi seakan-akan ditarik ke waktu masa itu pada zaman belanda.

Banyak sekali tiruan seperti menara syahbandar disertai dengan banyak macam angkutan pada zaman dahulu. Anda juga dapat menemukan sebuah toko waktu dulu yang terdapat di pelabuhan masih menggunakan ejaan belanda.

Selain itu, wisatawan juga akan mengetahui perkembangan batavia serta sunda kelapa dari waktu ke waktu.

4. Zona Uni Eropa

Zona ini mewakili 4 negara Eropa seperti Italia, Perancis, Inggris dan Jerman. Sungguh unik sekali zona tersebut terdapat banyak koleksi mobil antik dari Inggris. 

Wisatawan disuguhkan dengan mobil antik nan bersejarah yaitu mobil dengan tipe Land Rover yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Zona Eropa juga tersedia museum benteng heritage serta museum batik Yogyakarta.

5. Zona Istana Buckingham

Dalam zona ini anda dapat menemukan kendaraan-kendaraan yang khas gayanya ala Inggris diantaranya yaitu Land Rover, Austin, Mini Cooper, Filir, Royal Enfield, Raleigh, Roll Royce serta masih banyal lagi yang lainnya.

6. Zona Gangster Town serta Broadway Street

Zona ini merupakan bagian dari tempat impian artis terkenal. Zona tersebut menjadi favorit pengunjung, pasalnya suasana di sana sama seperti Kota Chicago sekitar tahun 1920. Saat itu terdapat gangster terkenal seperti Al Capone.

Wisatawan diajak untuk menelusuri jejak Al Capone melalui berbagai wahana di Gangster & Broadway. Imajinasi pengunjung akan dibawa ke Kota Chicago seperti dunia nyata. Tak hanya itu, zona ini mirip dengan film Gangster Amerika.

7. Zona Las Vegas

Zona ini akan menemani nuansa malam anda dengan berfoto di gerang Las Vegas yang modern. Cukup menarik bukan? terasa seperti di Amerika sungguhan. Tak perlu pergi langsung ke negaranya karena di sini sudah seperti Las Vegas yang asli dan megah.

8. Zona D’ Topeng Kingdom

Zona tersebut menunjukkan sebuah warisan dari negara Indonesia. Zona yang dipenuhi dengan keindahan serta kekayaan negara kita sendiri.

9. Zona Hollywood

Pada zona hollywood ini terdapat berbagai jenis kendaraan yang digunakan dalam box office film hollywood. Misalnya saja seperti mobil yang pernah digunakan Batman serta pernah digunakan dalam film Scooby Doo. Anda juga bebas berfoto dengan makhluk hijau yang biasa disebut Hulk.

10. Zona Fligh Training

Dalam zona ini anda akan merasakan sensasi menjadi pilot sungguhan. Anda bisa mendapat ilmu bagaimana cara menjadi seorang pilot. Dalam transportasi udara ini sudah dimodifikasi serta didesain sebaik dan semirip mungkin dengan aslinya.

11. Zona Pasar Apung

Pada zona ini tersedia segala macam kuliner khas nusantara. Tak hanya itu, banyak juga souvenir untuk oleh-oleh anda ketika berwisata ke Museum Angkut. Transaksi jual beli berlangsung di atas perahu sesuai namanya.

Spot Foto Wisata Museum Angkut

Bagi anda yang penasaran dengan wisata unik Museum Angkut, ini dia beberapa spot foto yang mungkin akan menarik anda untuk pergi berwisata.

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram jawatimurpark

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram radenmas_17

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram captured_bymelissa

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram rangga13demosta

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram museumangkut

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram museumangkut

Museum Angkut. Sumber Gambar dari Instagram museumangkut

Demikianlah sedikit informasi mengenai Wisata Museum Angkut Batu Jawa timur. Mulai dari lokasi, jam buka, harga tiket masuk, fasilitas, zona dan spot foto yang ada di Museum Angkut. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi rekomendasi liburan terbaik anda, selamat berwisata!


Baca Juga :

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Wisata