Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membayar Tagihan Shopee Paylater menggunakan ShopeePay


Ana Bintang - Shopee Pay Later merupakan fitur pembayaran yang diberikan oleh Shopee bagi pengguna yang beruntung mendapatkannya. SPayLater adalah metode pembayaran baru yang dapat anda gunakan ketika membeli barang di aplikasi ini.

Semakin ke sini lebih memudahkan penggunanya, Shopee yang dulu hanya memiliki beberapa fitur pembayaran diantaranya kartu kredit, ShopeePay, Bank, Indomart dan Alfamart saja. Kini telah berkembang dengan adanya ShopeePayLater.

Banyaknya masyarakat yang menggunakan sistem kredit atau bayar cicilan setiap bulan saat berbelanja, kini telah diwujudkan melalui fitur SPayLater. Pasalnya pengguna sangat terbantu dengan adanya fitur tersebut. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan bagi Anda yang menggunakan fitur Shopee Pay Later ini.

Kekurangan dalam Menggunakan SPayLater

1. Jangka Waktu Cicilan

Pada Shopee Pay Later ini memiliki jangka waktu cicilan yang pendek atau beberapa bulan saja. Seperti yang sudah ditentukan, anda bisa memilih waktu cicilan sekitar 2, 3 atau 6 bulan. 

2. Adanya Denda

Ketika anda terlambat membayar kredit setiap bulannya akan dikenai denda. Pasti anda tau jika terlambat akan terkena denda, bukan? akan tetapi denda di SPayLater ini terbilang tinggi. Tentu akan sedikit memberatkan anda dengan membayar denda sekitar 5% dari total tagihan.

3. Penggunaan yang Berlebihan

SPayLater memang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi di aplikasi Shopee ini. Apabila anda melihat sisi kekurangan yang akan menjadi resiko untuk ke depannya, tentu anda akan memikirkan berkali-kali untuk memanfaatkan fitur ini.

Mengapa begitu? Karena manusia jika melihat hal yang dirasa menguntungkan pasti akan terus-menerus dimanfaatkan. Sama halnya dengan SPayLater ini, jika anda tidak bijak dalam menggunakannya untuk berbelanja, maka anda akan sangat berlebihan atau konsumtif dengan belanja sesuka dan semaunya.

4. Hutang yang Banyak

Masih berkaitan dengan poin nomor 3 yaitu penggunaan yang berlebihan. Anda akan membeli barang yang mungkin tidak perlu atau tidak penting. Hal tersebut membuat anda jadi menimbun hutang yang banyak di SPayLater.

5. Tidak Bisa Dicairkan

Shoppe Pay Later memang tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang, namun anda dapat menggunakannya untuk membeli belanjaan di Shopee dengan sistem kredit. Jika ingin fitur yang bisa dicairkan atau untuk modal usaha, anda dapat menggunakan fitur Shopee Pinjam

alam Menggunakan SpayLater

1. Promo

Ketika menggunakan metode pembayaran dengan sistem kredit ini biasanya akan mendapatkan diskon atau potongan harga. Nah, hal itu semakin disukai pembeli. 

2. Solusi Saat Belum Gajian dan Pilih Jatuh Tempo

Jika anda ingin membeli sesuatu di Shopee, namun belum memiliki uang karena tanggal gajian masih jauh. Anda tidak perlu khawatir dengan adanya fitur SPayLater dengan cicilan setiap bulannya cukup mudah dan cepat saat digunakan.

Tak hanya itu, tanggal jatuh tempo pembayaran setiap bulan anda bisa pilih sendiri antara tanggal 5 hingga tanggal 11. Pastikan anda membayar sesuai tanggal yang telah dipilih yaa.

3. Limit yang Sesuai

Perlu diketahui anda akan mendapat limit sesuai dengan pendapatan dan seberapa sering berbelanja. Jadi misal kami pekerja swasta dengan gaji sekitar 1.000.000 perbulan. Otomatis saya mendapat limit Pay Later kurang lebih 750.000. 

Tenang saja anda mungkin nanti akan mendapat limit tambahan ketika sering berbelanja dengan metode pembayaran SPayLater. Ketentuan yang sudah ditetapkan dengan limit yang sesuai juga bermanfaat agar tidak berlebihan saat menggunakan fitur tersebut.

4. Bunga Cukup Rendah

Bunga dalam fitur ini cukup ringan. Anda tidak perlu bingung karena bunga yang besar dan membengkak nantinya. Belanja dan bayar bulanan lebih terjangkau.

5. Aman dan Mudah

SPayLater terbilang aman saat digunakan dengan syarat identitas anda terjaga. Selain itu, fitur ini juga sudah diawasi serta terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi anda tidak perlu khawatir karena pastinya sudah resmi.


Cara Membayar Shopee Pay Later Menggunakan ShopeePay

Shopee Pay Later juga bisa dibayarkan melalui indomart atau transfer bank yang anda miliki. Bagi anda pemula yang beruntung mendapat Shopee Pay Later, namun ingin membayar tagihannya menggunakan ShopeePay.

Sebelumnya Shopee Pay harus terdapat saldo sesuai dengan nilai yang akan dibayarkan. Jika saldo sudah sesuai tinggal ikutin tutorial membayar SPayLater menggunakan ShopeePay dengan mudah dan cepat, simak cara berikut ini.

1. Buka aplikasi belanja Shopee di Handphone anda dan klik menu saya

2. Klik fitur SPayLater untuk melakukan pembayaran

3. Pada halaman ini sudah tertera total tagihan bulan ini beserta tanggal jatuh temponya. Anda tinggal klik bayar sekarang

4. Halaman ini menunjukkan rincian tagihan yang harus dibayarkan. Setelah membaca apa saja rinciannya, kemudian klik bayar sekarang

5. Ada beberapa metode pembayaran yang dapat digunakan karena saat ini kita membayar dengan metode ShoppePay, anda klik ShopeePay. Setelah itu bayar sekarang

6. Anda diminta untuk memasukkan PIN ShopeePay. Setelah itu status pembayaran berhasil.

Kesimpulan dari pembahasan kali ini yaitu selain kelebihan memudahkan pengguna Shopee, SPayLater juga memiliki kekurangan atau resiko yang akan ditanggung nantinya. Bagi yang baru menggunakan fitur ini ikuti tahap-tahap dari cara membayar SPayLater menggunakan ShopeePay.

Jangan terlena dengan fasilitas yang disediakan dari Shopee. Harap bijak dalam menggunakannya saat berbelanja. Hal tersebut dikhawatirkan pembayaran atau cicilan yang terlalu banyak dan membengkak. Pakai sewajarnya saja sesuai kebutuhan dan pendapatan yang dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!


Baca Juga :

Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.