Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pura Luhur Uluwatu

sumber ig : your.travel.tips

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak sekali tempat wisata. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat luasnya wilayah negara dengan kode +62 ini. Namun, dari semua tempat wisata, tampaknya ada beberapa yang paling populer. Contohnya adalah Bali. 

Rasanya kurang lengkap jika pernah mengunjungi semua pulau di Indonesia, tapi belum pernah ke Bali. Untuk itu, saya akan mengenalkan kepada kalian, terutama yang selalu berpikir kalau di Bali cuma ada pantai, salah satu objek wisata yang ada di sana.

Seperti yang saya bilang tadi, Bali sangat identik dengan pantai. Padahal, jika diteliti lebih seksama, kamu akan menyadari kalau di Bali juga ada danau, gunung, serta pura. Hanya saja, pada pembahasan kali kita akan fokus membahas pura, khususnya Pura Luhur Uluwatu. 

Pura Luhur Uluwatu adalah sebuah objek wisata yang sangat sering dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan asing maupun domestik. Tempatnya yang berada di tepi laut membuat pura ini diliputi oleh pemandangan yang indah. Terlebih lagi jika saat sore hari; waktu sunset.

sumber ig : fidahwarda
sumber ig : your.travel.tips

Namun, jangan salah. Laut di sini bukan berarti pantai, melainkan batu karang. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari nama Pura Luhur Uluwatu: puncak batu karang. Nama tersebut berasal dari bahasa Sansekerta. 

Info tambahan, batu karang ini ukurannya cukup tinggi, yakni 97 meter. Dengan begitu, jika takut ketinggian, lebih baik jangan mendekati ujung batu karang ini. Kalau kamu penasaran, ajaklah pasangan untuk melihat pemandangan yang indah dan keamananmu lebih terjamin.

sumber ig : ahmadalferi07

sumber ig : innnayah

sumber ig : tiataslim

sumber ig : sakatsutogo

Biaya Masuk

Sudah sewajarnya tempat wisata memberi tarif masuk kepada calon pengunjung. Selain digunakan untuk biaya perawatan, pihak pengelola juga membutuhkannya untuk biaya promosi. Berbicara soal biaya masuk, ada sedikit perbedaan antara wisatawan domestik dan asing. 

Untuk wisatawan domestik, tarif yang dibebankan adalah Rp. 20.000 (dewasa) dan Rp. 10.000 (anak-anak). Sedangkan untuk wisatawan asing tarifnya Rp. 30.000 (dewasa) dan Rp. 20.000 (anak-anak). Selain itu, kamu juga harus membayar Rp. 10.000 jika membawa mobil dan Rp. 5.000 jika membawa sepeda motor.

Letak dan Rute yang Memungkinkan

Pura Luhur Uluwatu terletak/berlokasi di Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Secara umum ada dua rute yang saya tawarkan. Rute pertama dimulai dari Bandara Ngurah Rai. 

Dari sana silakan ikuti Jl. Bypass Ngurah Rai, Jl. Raya Uluwatu, dan terakhir Jl Raya Suluban. Kalau sudah sampai situ kamu tinggal lurus saja; tidak perlu belok-belok. Perkiraan waktu tempuh rute ini adalah 31 menit dengan mobil.

Rute berikutnya dimulai dari Terminal Mengwi Bali. Berbeda dengan tadi yang hanya memakan waktu 31 menit, rute ini punya waktu tempuh yang lebih panjang, yakni 1 jam 5 menit. 

Pertama-tama masuk ke Jl. raya Denpasar-Gilimanuk, Jl. Raya Sempidi, Jl. Imam Bonjol, dan terakhir Jl. raya Uluwatu. Kalau sudah sampai situ kamu tinggal lurus saja; tidak perlu belok-belok.

Penginapan

Kebanyakan wisatawan yang pergi ke Pura Luhur Uluwatu selalu membutuhkan waktu lebih dari satu hari. Untuk itu, penginapan adalah hal yang harus dipikirkan. 

Berikut ini ada beberapa penginapan yang saya rekomendasikan jika kamu berkesempatan mengunjungi destinasi wisata ini.

Jacko House Uluwatu

Penginapan ini berjarak 1,2 Km dari objek wisata, atau lebih tepatnya di Jl. Pantai Suluban gang Arya no. 3. Jadi kamu bisa mencapainya hanya dalam waktu 2 menit dengan mobil. 

Fasilitas yang dimilikinya cukup lengkap; ada kolam renang, tempat parkir, serta wifi. Tarif yang dibebankan pun cukup terjangkau, yaitu mulai Rp. 250.000 per malam. Sedangkan untuk pelayanannya sendiri sangat ramah, ditambah lagi kebersihannya juga terjamin.

Cempaka Cafe Homestay

Penginapan rekomendasi berikutnya saat mengunjungi Pura Luhur Uluwatu adalah Jacko House Uluwatu. Tarifnya dimulai dari Rp. 300.000 per malam. Nilai plus yang paling menonjol dari penginapan ini adalah menu restorannya yang sangat beragam.

Bagaimana menurutmu objek wisata yang kita bahas kali ini? Sangat menarik, bukan?  Untuk itu, jika hari libur datang, saya menyarankan agar kamu berkunjung Pura Luhur Uluwatu. Dijamin kamu akan memperoleh pengalaman yang berharga. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Wisata