Cara Mudah Upload Produk di Shopee Melalui HP

Ana Bintang - Marketplace kini sedang menjadi trend di masyarakat, khususnya pelaku usaha jual beli online. cara mudah jualan atau menawarkan dagangan ini lebih menguntungkan pastinya. Bagi pemula mungkin tidaklah mudah melakukan transaksi online. Pasti memerlukan informasi atau tutorial untuk membuat toko online sendiri.

Jangan khawatir, jika anda ingin membuka toko di Shopee atau membuka toko di Tokopedia. Kurang mengetahui caranya? Kurang memahami fiturnya? Anda bisa mendapatkan caranya di sini. Pahami dan pelajari caranya untuk memudahkan anda memulai bisnis online.

Saat ini masyarakat terfokus pada transaksi online untuk memenuhi kebutuhan, memenuhi fashion atau style, membayar tagihan, membeli paket data, mencari keperluan, memesan makanan hingga menawarkan produknya. Tanpa adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat mungkin kita masih melakukan semuanya secara manual atau langsung.

Maka dari itu, untuk memaksimalkan zaman yang canggih ini dengan hal positif tidak ada salahnya untuk mempelajari dan menerapkannya dengan baik dan benar. Manfaat yang begitu besar dapat memberi keuntungan yang seimbang, bahkan lebih besar pula.

Android kali ini akan memudahkan anda untuk memulai jualan online sendiri. Bagaimana caranya? Silahkan download marketplace salah satunya Shopee di Play Store atau App Store. Anda juga bisa membuka toko di Seller Center. Jika itu dirasa lebih mudah, silahkan pergi ke web https://seller.shopee.co.id/

Jika sudah pernah daftar membuka toko di Shopee melalui HP, selanjutnya kita simak cara upload produk di Shopee melalui HP sebagai berikut.

1. Masuk aplikasi Shopee dan klik akun saya.

2. Klik toko saya dan klik tambah produk baru.

3. Pada bagian ini silahkan isi.

  • Tambah foto

Klik tambah foto. Cari beberapa foto produk yang akan anda upload. Checklist foto produk yang ingin di unggah, kemudian klik tanda checklist di pojok kanan atas.

  • Nama produk

Isi nama produk sesuai dengan foto. Berikan kata kunci yang mudah ditemukan dan dijangkau calon pembeli. Pastikan nama tersebut banyak dicari tapi harus tetap sesuai dengan produk anda.

  • Deskripsi produk

Jelaskan produk anda secara detail. Buatlah dengan bahasa sendiri yang terkesan ramah dan sopan. Berikan deskripsi yang jelas agar calon pembeli mudah mengerti produk tersebut.

  • Kategori

Di sini anda perlu mencari kategori yang tepat dari produk ini. Misalnya produk yang dijual seperti Baju Wanita. Anda bisa menambahkan pada Pakaian Wanita, kemudian pilih Atasan dan baru pilih kategori Kemeja.

Setelah itu memilih beberapa bagian dari kategori yang anda pilih tadi seperti merek, asal produk, bahan dan style. 1) Merek jika tidak mengetahui atau tidak muncul di pilihan merek, langsung saja klik Tidak Ada Merek. 

2) Asal produk silahkan pilih import atau lokal sesuai dengan produk anda. 3) Pilih bahan yang sesuai dengan produk yang dijual seperti katun, Chiffon dan sebagainya. 4) Pilih Style produk anda, jika tidak ada dalam daftar bisa mengatur sendiri style tersebut.

Baca Juga :

4. Pada bagian ini silahkan isi.

  • Harga

Berikan harga yang bersaing dengan yang lain. Ketahui harga pasar terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan harga beli anda. Tentukan keuntungan yang bisa didapatkan. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengambil keuntungan. Paling penting barang laku dan pelanggan menyukainya.

  • Stok

Beritahu berapa stok barang yang tersedia. Jika Dropship harus sering memantau stok dari Supplier. Supaya menghindari stok Supplier habis, namun stok yang dipasang di toko anda masih ada. 

Jika terjadi ketika pembeli sudah memesan, anda bisa konfirmasi terlebih dahulu dengan pembeli. Jangan asal mengganti barang pesanan dengan yang lain untuk menjaga reputasi toko.

  • Variasi

Anda bisa menambahkan warna dan ukuran sesuai produk yang diunggah. Ketika menambahkan warna pastikan anda mengunggah kembali foto sesuai dengan nama warna. Pilih ukuran yang sesuai. Bisa juga mengubah atau menambah warna dan ukuran. 

Setelah selesai, kemudian klik atur stok dan harga. Anda bisa mengeditnya secara massal bila semua unggahan produk sama harga dan stoknya. Selesai dan klik simpan.

  • Grosir

Jika ingin memberikan harga grosir bisa diklik menu grosir ini. Berikan minimal pemesanan, maksimal pemesanan dan harga satuannya. 

  • Ongkos Kirim

Pada menu ongkos kirim isi berat produk, ukuran paket dan aktifkan ekspedisi pengiriman barang. Setelah itu klik simpan.

  • Kondisi

Beritahu calon pembeli kondisi barang ini baru atau pernah dipakai. Setelah itu konfirmasi.

  • Pre-order

Aktifkan menu Pre-order jika anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk memproses pesanan.

  • Share Media Sosial

Aktifkan share media sosial seperti facebook dan sebagainya untuk memberitahu upload produk terbaru dari toko anda.

  • Setelah selesai semua klik tampilkan untuk mengunggah produk terbaru ini.

Itu dia langkah-langkah upload produk jualan di Shopee melalui HP. Isi semuanya dengan teliti dan detail karena bila terlewat satu saja, anda tidak akan bisa menampilkan produk. Semoga cara mudah upload produk toko sendiri di Shopee bisa membantu anda. Buat toko semenarik mungkin agar calon pembeli tidak bisa melupakan toko anda. Selamat mencoba!


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Tutorial