Wajib Tau! Lihat 13 Cara Sukses Memajukan dan Mengembangkan Usaha Kuliner

Ilustrasi : Pixabay

Ana Bintang -13 Cara Sukses Memajukan dan Mengembangkan Usaha Kuliner – Zaman sekarang berbisnis telah banyak dilakukan oleh semua orang. Mulai dari mendirikan usaha kecil sampai usaha yang besar dan sukses. Salah satunya bidang usaha kuliner yang sangat digemari oleh para pebisnis. Mengapa demikian? Karena kuliner bisa disebut usaha yang akan selalu ada.

Anda mungkin akan tertarik membuka usaha kuliner. Namun bila Anda bertanya-tanya tentang Cara Sukses memajukan dan Mengembangkan Usaha Kuliner itu bagaimana? Anda akan mendapat jawabannya dari artikel ini. Baca selengkapnya agar ilmu yang Anda dapatkan bisa dipahami dan diterapkan secara sempurna.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Membuka Usaha Kuliner?

ilustrasi : pixabay

Doa

Sebelum Anda membuka usaha kuliner akan lebih lengkap rasanya diawali dengan doa. Doa agar dilancarkan rejeki dalam segala usaha yang akan dilakukan. Doa merupakan energi positif yang akan menenangkan pikiran dan hati supaya lebih ikhlas apabila menghadapi sebuah kesulitan saat berusaha.

Berani

Tanamkan keberanian untuk melakukan usaha ini. Jika tidak ada keberanian pasti akan ada rasa takut terbayang semua resiko yang terjadi nantinya. Sampai kapanpun ketakutan itu akan menjadi energi negatif yang memengaruhi hati dan pikiran.

Tetapkan Usaha Kuliner

Anda harus menetapkan usaha kuliner apa yang cocok dengan diri anda. Misalnya, Anda suka kuliner berbagai macam snack. Anda bisa mengunggulkan usaha kuliner snack karena sudah tahu seperti apa snack yang enak dan banyak disukai orang lain. Anda akan lebih tertantang untuk menyajikan berbagai macam snack yang berkualitas.

Modal

Modal merupakan pendorong terwujudnya usaha tersebut. Pikirkan modal yang harus dikeluarkan untuk usaha kuliner ini. Apakah harus menyediakan modal yang besar? Tidak juga, karena Anda bisa memulai usaha dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Tinjau Harga Pasar

Hal paling penting juga sebelum membuka usaha kuliner yaitu meninjau harga pasar. Jangan sampai menyajikan makanan dan minuman lebih mahal dari harga pasar karena akan menyulitkan Anda untuk bersaing dengan pengusaha lainnya. Jangan juga memberikan harga yang sangat murah karena bisa saja merugikan Anda.

Sediakan Tempat

Apakah tempat itu perlu? Perlu, apabila Anda menyediakan makan di tempat. Jika tidak, Anda tidak perlu repot untuk memikirkan tempat. Dalam pemilihan berikan tempat yang layak untuk usaha kuliner Anda.

Siapkan Peralatan

Jangan sampai sudah siap membuka resto atau kedai tapi masih belum lengkap peralatannya yaa. Nanti akan merumitkan Anda saat berjualan. Pastikan peralatan memasak hingga untuk hidangan sudah siap semua.

Baca Juga :

Cara Sukses Memajukan dan Mengembangkan Usaha Kuliner


ilustrasi : pixabay

Setelah semua hal yang dipersiapkan untuk membuka kuliner. Lantas, apakah ada cara khusus agar usaha kuliner lebih maju dan berkembang? Bahkan sampai dikenal oleh masyarakat. Anda akan mendapatkan cara tersebut disini.

1. Makanan dan Minuman

Pilih makanan dan minuman yang pas untuk semua kalangan. Bukan hanya anak muda, bahkan orang dewasa juga akan menyukainya. Perhatikan kualitas rasa, bahan yang digunakan, kehigienisan dan kebersihan dari makana dan tempatnya.

2. Tempat Usaha Kuliner

Selain dari makanan dan minuman yang Anda sajikan dan menarik pelanggan. Anda juga bisa lebih memajukan usaha melalui tempatnya. Berikan suasana yang baru, fresh dan juga mudah dikenang pelanggan. Anda bisa merombak tempat tersebut dengan memberikan berbagai macam spot foto yang apik, dan instagramable. Dinding-dinding yang unik atau Anda juga bisa menggunakan wallpaper. Beri musik agar menambah suasana yang nyaman dan membuat pelanggan betah.

3. Promosi Potongan Harga

Promosi yang baik agar bisa menggaet pembeli bisa memberi potongan harga atau cashback. Tau kan yang paling diincar oleh pecinta kuliner salah satunya ya diskon. Otomatis pelanggan akan mengerubungi resto Anda. Akan tetapi, diperhatikan lagi ya perhitungan diskonnya agar tidak rugi. Harga yang terjangkau pas untuk semua kalangan.

4. Layanan

Nih hal yang juga disukai oleh pelanggan yaitu layanan. Berikan pelayanan yang baik, ramah, sopan dan bersih. Kalau ada pelanggan yang aneh-aneh gimana? Ya tetap harus bersikap baik karena pembeli adalah raja. Jangan sampai bersikap buruk kepada pembeli agar resto tetap baik dimata mereka. Anda harus tetap sabar dan telaten.

5. Kenalkan

Kenalkan usaha kuliner Anda di media sosial agar mudah diketahui oleh semua orang. Tidak hanya itu, supaya usaha Anda lebih maju baik secara offline maupun online. Baiknya Anda gabung di grup kuliner agar usaha lebih bersaing dan mudah ditemukan calon pembeli.

6. Kerja Sama

Anda dapat menjalin kerja sama. Selain di media sosial gunakan jasa aplikasi untuk memudahkan calon pembeli menggapai resto Anda. Gaet semua jasa yang bisa diajak bekerja sama untuk memasarkan kuliner. Contohnya seperti daftarkan usaha di aplikasi Go Food. Dijamin bakalan lebih berkembang usahanya.

7. Iklan

Pasang iklan di media sosial ataupun yang lainnya. Anda bisa juga menggunakan cara ini, tetapi pastikan juga ya Anda tidak rugi setelah memasang iklan.

8. Sales Marketing

Buka lowongan sales marketing. Anda perlu mempekerjakan sales untuk memasarkan resto. Gunakan sistem bagi hasil, setiap ada pembeli melalui sales Anda wajib membagi hasil penjualan.

9. Reseller

Buka lowongan reseller. Anda akan mendapat keuntungan dari mereka. Biarkan mereka memasang harga sesuka hatinya dan tetap berikan pelayanan yang baik agar mereka merasa dihargai.

10. Endorsement

Pengguna sosial media yang memiliki followers banyak biasa membuka jasa endors. Tentunya agar usaha Anda lebih meningkat gunakan jasa tersebut. Nantinya akan menguntungkan bisnis Anda dengan lebih dikenal semua orang.

11. Give Away

Saya sarankan agar Anda membuat akun media sosial baik di instagram atau lainnya. Beri nama sesuai resto. Buatlah give away untuk para followers Anda dengan syarat dan ketentuan berlaku. Hal tersebut akan mendorong para pengguna medsos yang antusias untuk mengikuti give away. Pastikan syarat dan ketentuan give away menguntungkan Anda seperti minta mereka untuk membuat status give away dan menandai akun medsos Anda.

12. Brosur

Saya tau ini adalah cara yang lama. Akan tetapi cara ini juga bisa memajukan bisnis Anda. Wajib menyebar brosur dimanapun buat isinya semenarik mungkin agar calon pembeli tergiur dan langsung kepoin restonya.

13. Berbagi

Sering berbagi kepada sesama seperti dihari khusus jumat berkah. Buat acara tersebut mudah dikenang oleh mereka. Jadi konsepnya bukan cuma berbagi tapi sekaligus mengenalkan usaha Anda kepada orang banyak. Ingat! Tidak ada kebaikan yang sia-sia selama diri ikhlas menjalaninya.

Anda telah mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan sebelum membuka usaha kuliner dan bagaimana cara memajukan serta mengembangkannya. Jadi Anda tidak perlu bingung harus bagaimana selanjutnya. Jangan pernah bilang tidak bisa bila Anda belum berani mencobanya. Jangan pernah menyerah walau apapun resikonya.

Lakukan semua tahap-tahapnya dengan ikhlas agar ketika mendapat kesulitan Anda sudah tau solusinya. Bisnis memang tidak semudah membalikan telapak tangan, teruslah belajar sampai Anda mencapai kesuksesan yang sesungguhnya. Itulah 13 Cara Sukses Memajukan dan Mengembangkan Usaha Kuliner. Tetap semangat dalam berbisnis. Selamat menjadi pengusaha!
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Tutorial