5 Tips Agar Toko Mudah Menarik Pembeli dan Cara Membuka Toko Gratis di Tokopedia

sumber : Pixabay
Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuka toko di Tokopedia. Ketika dunia teknologi semakin canggih. Tentu tidaklah sulit untuk melakukan sesuatu yang belum diketahui sebelumnya. Salah satunya Anda bisa saja memanfaatkan teknologi untuk membuat usaha semakin maju. Kalau Anda belum mengetahui bagaimana cara berjualan online melalui aplikasi Tokopedia, artikel ini sangat membantu Anda untuk melancarkan usaha tersebut.

Sebelum membuka toko di Tokopedia, pastikan Anda sudah mengetahui perannya sebagai supplier, dropshiper ataupun reseller. Masing-masing dari peran penjual tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dan Kekurangan Penjual

1. Sebagai Supplier
Peran supplier disini sifatnya besar karena Anda sebagai produsen dengan brand milik sendiri. Kelebihannya yaitu Anda bisa membuka lapangan kerja lebih banyak dengan mempekerjakan karyawan untuk membantu produksi. 
Anda juga bisa membuka luas usaha melalui penerimaan dropshipper dan reseller agar keuntungan semakin maksimal. Kekurangannya yaitu Anda membutuhkan modal yang besar untuk memaksimalkan stok produk dan penguatan pemasaran brand milik Anda.

2. Sebagai Dropshipper
Peran dropshipper sifatnya mudah. Tugasnya hanya memasang foto produk dari supplier dengan harga sesuka Anda tapi tetap sesuai pasar. Kelebihannya yaitu Anda tidak perlu menyetok barang. Anda tinggal maksimalkan strategi marketing dengan siapkan modal sedikit dan dapat untug yang baik. 
Kekurangannya yaitu Anda tidak bisa mengontrol stok barang. Terkadang tidak mengetahui barang habis atau masih tersedia. Kualitas foto produk juga hanya bisa didapat dari supplier sehingga kurang memaksimalkan foto sesuai keinginan.

3. Sebagai Reseller
Peran Reseller sifatnya membatu supplier memasarkan produk dengan harga sesuai kesepakatan. Kelebihannya yaitu Anda bisa mengumpulkan supplier besar mendapatkan harga khusus dengan berupa diskon atau potongan. 
Anda bisa menyetok barang dan menjualnya tanpa ribet memproduksi. Kekurangannya yaitu Anda harus menyediakan modal yang sesuai agar bisa menyetok barang sesuai aturan supplier supaya bisa mendapat potongan harga.

Cara Membuka Toko di Tokopedia Bagi Pemula

Sumber : Pixabay

Cara membuka toko di Tokopedia bisa melalui aplikasi Tokopedia yang biasa digunakan untuk berbelanja dan aplikasi Tokopedia Seller/khusus penjual. Keduanya bisa Anda gunakan, akan tetapi Tokopedia Seller lebih baik untuk digunakan karena didalamnya terdapat beberapa fitur pendukung jualan Anda seperti fitur iklan dan promosi toko.
  1. Buka aplikasi Tokopedia Seller dan masukkan nomor hp untuk berjualan.
  2. Masukkan kode OTP untuk verifikasi.
  3. Buatlah nama toko Anda.
  4. Silahkan isi survei dari Tokopedia atau lewati survei tersebut.
  5. Masukkan alamat lengkap toko Anda untuk mempermudah penjemputan dan pengantaran barang ke kurir.
  6. Setelah selesai, Anda sudah bisa berjualan di Tokopedia Seller.

Upgrade Toko Menjadi Power Merchant



Power Merchant merupakan keanggotaan yang mendapat fitur ekslusif dari Tokopedia. Anda akan mendapat keuntungan menjadi member power merchant, yaitu :
  1. Pembeli akan lebih percaya dengan toko Anda
  2. Toko Anda mendapat bonus kredit Top Ads sebesar 5%.
  3. Anda juga akan mendapat promo menarik dari Tokopedia.
Ini dia prosedur menjadi anggota Power Merchant :
  1. Anda harus memverifikasi data diri dengan upload KTP
  2. Capai skor performa toko lebih dari 75 poin
  3. Anda klik upgrade jadi Power Merchant
Apa Saja Fitur-Fitur Khusus Power Merchant?
  1. Gratis akun admin agar secara optimal melayani pembeli
  2. Produk unggulan yang akan tampil lima produk terbaik dibagian atas toko Anda
  3. Fitur keuangan untuk mengembangkan bisnis dengan modal toko atau saldo prioritas
  4. Promosi dengan broadcast chat secara eksklusif mengirim pesan promosi kepada calon pembeli
  5. Jangkauan lebih banyak pembeli dengan TopAds
  6. Wawasan pasar untuk memantau kompetitor dan tren pasar agar produk Anda tetap bersaing.
  7. Statistik penjualan untuk mengecek seluruh data dan grafik toko agar semakin berkembang
Beberapa Tips Agar Toko Mudah Dijangkau Banyak Pembeli

Setelah Anda mengetahui peran dan bagaimana cara membuka sebuah toko di Tokopedia, Anda wajib mengetahui juga tips agar toko semakin mudah dijangkau calon pembeli, sebagai berikut.
  1. Pasang iklan produk : TopAds akan membantu produkmu mudah ditemukan oleh pembeli
  2. Buka toko di instagram : Anda akan mudah menjangkau banyak pembeli jika toko Anda sudah dikenal. Maka Anda harus membuka toko di instagram dan mempromosikannya. Jangan lupa untuk menaruh web Tokopedia di bio agar memudahkan pembeli untuk mencari produk yang diinginkan.
  3. Buka toko di facebook : Anda akan menambah banyak keuntungan ketika berjualan di facebook. Beranda dan grup facebook bisa digunakan untuk menjangkau banyak pembeli dan jangan lupa menaruh web tokopedia Anda untuk memudahkan transaksi pembeli.
  4. Endorsement : Anda bisa mengiklankan toko kepada pihak lain seperti selebgram, artis dan lainnya. Hal itu sangat menguntungkan dengan pemasaran produk dan toko mudah dikenal semua orang.
  5. Give away : Anda juga menggunakan Give away sebagai sebuah bentuk promosi produk dan toko. Hal itu akan semakin menambah antusias semua orang terhadap toko Anda.
Anda sudah siap untuk berjualan di Tokopedia? Tentunya sudah siap, bukan! Tidak perlu berpikir lama-lama untuk memulai. Semua rejeki sudah diatur oleh Tuhan. Banyak ataupun sedikit perolehan yang didapat tetap harus bersyukur karena yang penting sudah berdoa dan usaha. Jangan mudah menyerah dalam menjalani suatu usaha. Suatu saat pasti akan merasakan hasilnya. Selamat menjadi pengusaha!
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Marketplace