Cara Membuka Toko di Shopee dan Manfaat Jualan Online

Ana BintangWirausaha kini menjadi populer di masyarakat. Semakin banyak para pemula untuk mencoba terjun di bidang ini. Apalagi semenjak adanya marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan sebagainya. 

Sebelumnya mungkin banyak yang belum pernah mencoba berjualan secara offline, begitu adanya marketplace langsung mencoba berjualan secara online. Cocok sekali bagi orang yang tidak terbiasa berkomunikasi menawarkan produk secara langsung.

Selain itu perlu diketahui bahwa manfaat berjualan di marketplace adalah langkah yang baik bagi usaha anda. Banyak sekali manfaat dari berjualan online di marketplace. Ketahuilah manfaatnya agar anda bisa langsung menerapkan pada usaha yang sedang dijalani saat ini. Inilah beberapa manfaat yang didapat dari jual beli online diantaranya.

  • Hemat biaya

Anda akan lebih hemat mengeluarkan biaya untuk berjualan. Hanya perlu membuat akun toko di salah satu marketplace seperti Tokopedia. Tidak ada biaya dan hanya perlu menggunakan internet serta hp android. 

Beda dengan offline yang harus mencari tempat atau toko untuk mendirikan usaha secara langsung. Modal sewa tempat juga cukup lumayan mahal tergantung dari tempat itu strategis atau luasnya.

  • Banyak Jangkauan

Dengan memasarkan usaha di marketplace akan lebih banyak menjangkau calon pembeli, bahkan dari berbagai daerah. Mudah berinteraksi dengan orang banyak membuat toko anda lebih dikenal.

Saat berjualan offline mungkin calon pembeli hanya dari sekitar lingkungan anda. Maka dari itu sangat diasarankan untuk mencoba jual beli online di marketplace.

  • Menambah Kenyamanan

Anda akan merasa nyaman memegang toko online karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Tidak perlu pergi ke sebuah tempat untuk menawarkan dagangan.

Silahkan lakukan dengan sesuka hati anda memantau toko setiap saat.

  • Keuntungan

Anda akan mendapat keuntungan jauh lebih besar dari biasanya. Sudah masanya toko banyak diketahui semua orang dan waktunya anda mendapat banjir orderan.

  • Promosi

Promosi di marketplace akan lebih memudahkan calon pembeli menemukan toko anda. Seperti melalui iklan berbayar sampai dengan yang gratis.

  • Gratis ongkir

Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk setiap pembelian dari pelanggan. Bisa juga anda memberikan voucher cashback atau potongan ongkos kirim. Hal tersebut akan menambah reputasi toko anda di mata calon pembeli.

Baca Juga :

Manfaat berjualan secara online di marketplace di atas mungkin bisa membuka luas bisnis anda. Tidak ada salahnya juga untuk diimbangi dengan jualan secara offline agar lebih meraih banyak keuntungan. Baiklah setelah mengetahui manfaatnya, mari kita langsung membuat toko online sendiri di Shopee.

1. Akun

Silahkan buat akun anda di Shopee. Sebelumnya silahkan unduh aplikasinya di Play Store atau juga bisa melalui web shopee.co.id. Klik daftar untuk membuat akun. Anda bisa mendaftar dengan faceebook, google atau nomor handphone. Kemudian verifikasi nomor handphone dan email serta memasukkan kode OTP yang telah dikirim. Ubah nama pengguna sesuai keinginan.

2. Profil

Anda harus melengkapi profil ke Seller Center. Klik menu Jual untuk membuka toko. 

3. Upload Produk

Sebelum mengetahui fitur-fitur yang ada di toko, anda diminta untuk upload produk terlebih dahulu. Setelah selesai anda bisa mengetahui fitur yang tersedia di toko.

4. Profil toko

Silahkan pergi ke pengaturan toko. Pilih profil saya dan rubah profil dengan nama toko anda. Isi semua identitas sampai verifikasi email.

5. Alamat

Masih di dalam pengaturan toko. Pilih alamat saya dan masukkan alamat toko anda. Apabila sebagai Dropship, masukkan alamat Supplier. Pastikan alamatnya lengkap dan jelas.

6. Rekening Bank

Tetap di pengaturan toko. Pilih kartu/Rekening Bank dan masukkan rekening anda untuk penarikan saldo penjualan.

7. Jasa Kirim

Pada toko anda terdapat beberapa fitur, salah satunya fitur jasa kirim saya. Di sana tersedia banyak ekspedisi pengiriman barang yang harus anda aktifkan. Pilih ekspedisi yang ada di sekitar alamat anda. Jika Dropship masukkan ekspedisi yang digunakan Supplier. 

8. Promosi

Anda harus membuat promosi untuk menarik pembeli pertama. Buat promosi yang baik dan gunakan stategi yang pas untuk mendapatkan pelanggan.

9. Pesanan

Ketika mendapat pesanan pertama, baca dengan teliti dan kemas barang seaman mungkin dan terjaga. Beri kemasan yang menarik juga dapat membuat pembeli terkesan.

10. Kirim

Setelah selesai dikemas, anda harus mencantumkan identitas penerima/pembeli secara detail. Kemudian kirim ke ekspedisi yang diminta pembeli.

Itulah beberapa manfaat jualan online khususnya di marketplace dan langkah-langkah membuka toko online di Shopee. Buatlah tokomu semenarik mungkin mulai dari foto, nama toko, deskripsi dan sebagainya. Berikan pelayanan yang ramah kepada setiap calon pembeli. Utamakan kesenangan dan kenyamanan pembeli. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berwirausaha!


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Tutorial