Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Belanja di Shopee dengan Mudah untuk Pemula

pixabay

AnaBintang12.com - Shopee merupakan aplikasi jual beli online yang sudah beroperasi di Indonesia mulai Juni 2015 sampai sekarang. Perkembangan aplikasi ini cukup pesat berdampingan dengan maraknya pengguna Android serta trend transaksi online yang semakin dikenal masyarakat.

Tidak main-main aplikasi ini memudahkan penjual untuk mendukung segala proses jual beli dengan metode pembayaran yang cepat dan mudah, pengiriman logistik yang berkualitas serta penyediaan modal usaha dan peminjaman uang secara online atau fitur Shopee Pinjam.

Tak sampai di situ, Shopee juga menyediakan fitur Shopee Pay Later untuk memudahkan pembeli dalam memesan barang yang diinginkan. Shopee Pay Later ini menunjang proses belanja dengan membayar cicilan setiap bulannya. Tersedia juga beli sekarang bayar bulan depan, cocok sekali bagi pembeli yang ingin memesan barang tapi bayar saat gajian.

Zamannya beli barang lewat online, pengiriman dari berbagai daerah menjadi kesenangan tersendiri di hati pembeli. Pasalnya hanya diam di rumah saja, pesan lewat Handphone dan menunggu barang pesanan diantar oleh kurir. Jadi tidak perlu repot pergi ke daerah tersebut.

Penjual juga demikian buka toko online sendiri di Shopee melalui HP, kemudian upload produk, memasang iklan produk di Shopee dan tinggal menunggu orderan dari pembeli. Pengiriman barangnya juga cukup mudah hanya diberikan kepada ekspedisi pilihan pembeli dan barang akan sampai pada tujuan.

Banyak orang yang sudah mengenal Marketplace Shopee, tapi masih bingung bagaimana cara memesan barang di Shopee. Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan cara belanja di Shopee untuk pemula.

Cara Belanja di Shopee dengan Mudah untuk Pemula

Pada saat ingin memesan barang di Shopee untuk pertama kalinya, pastikan anda sudah mengunduh aplikasi Shopee di Play Store ataupun App Store. 

Login pertama kali dengan beberapa alternatif bisa dengan nomor HP, Facebook dan akun Google atau Gmail. Anda juga dapat login di web shopee berikut ini https://shopee.co.id.

1. Buka aplikasi Shopee di HP atau melalui web.

2. Pada halaman rekomendasi, silahkan ketik nama barang di pencarian bagian atas.

3. Jika sudah menemukan yang anda cari. Klik gambar tersebut.

4. Anda sudah melihat harga dan deskripsi barangnya. Silahkan klik Beli Sekarang. Apabila tersedia pilihan warna atau ukuran, pilihlah sesuai keinginan anda dengan klik warna atau ukuran tersebut. Untuk menambah jumlahnya langsung saja klik tanda +. Kemudian klik beli sekarang.

Apabila anda ingin memesan barang di Shopee dengan warna atau size yang berbeda dan toko yang sama. Lakukan hal yang sama seperti cara yang tadi, selanjutnya tinggal memilih warna atau ukuran yang lain. Setelah itu beli sekarang. Contoh di bawah pada nomor 5 yaitu pemesanan barang dengan warna atau ukuran yang berbeda.

5. Checklist barang yang sudah dipilih. Apabila memiliki voucher cashback atau gratis ongkir langsung klik Gunakan/masukkan kode, checklist voucher dan klik Ok. Jika ingin menukarkan koin bisa anda aktifkan. Selanjutnya klik Checkout.

Baca Juga :

6. Pada bagian ini.

Alamat Pengiriman

Pastikan alamat pengiriman barang lengkap dan sesuai dengan tempat tinggal anda. Jika barang dikirim ke teman atau keluarga gunakan alamat rumah mereka. Jika posisi anda sebagai Dropshipper, masukkan alamat pembeli agar Supplier mengirimkan barang ke alamat tersebut.

Opsi Pengiriman

Pilihlah salah satu ekspedisi yang tersedia untuk mengirimkan barang. Jangan lupa pilih jadwal pengiriman ada 2 yaitu pengiriman setiap saat dan pengiriman setiap jam kantor.

Pesan

Tulis pesan ke penjual misalnya tulis ‘jangan lupa cek barang sebelum dikirim’. Anda juga dapat menuliskan warna lain yang akan dikirim penjual jika stok warna pilihan habis.

7. Pada bagian ini.

Voucher Shopee

Jika voucher yang telah dipilih statusnya tidak dapat digunakan. Cek kembali ekspedisi atau metode pembayaran yang anda pilih harus sesuai dengan syarat dan ketentuan voucher shopee.

Metode Pembayaran

  • ShopeePay

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran ShopeePay, saldo harus ada paling tidak sesuai nominal barang yang dipesan. Jika tidak ada, anda dapat mengisi saldo ShopeePay terlebih dahulu. 

  • SpayLater

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran Shopee Pay Later, pastikan anda sudah memiliki fitur ini karena hanya akun pengguna terpilih yang mendapat SpayLater. Jika anda mendapatkannya bisa memilih cicilan 2 atau 3 bulan dan beli sekarang bayar nanti atau bulan depan.

  • Transfer bank

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran transfer bank, langsung saja di klik. Bayar setelah pesanan dibuat.

  • Kartu kredit dan BCA OneKlik

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran Kartu kredit dan BCA OneKlik bisa digunakan jika anda memilikinya.

  • COD

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran COD atau bayar di tempat, langsung saja di klik. COD berlaku apabila penjual mengaktifkan metode pembayaran tersebut di tokonya. Pembeli harus memastikan bahwa alamat pengiriman memenuhi jangkauan jasa kirim yang digunakan. 

Ekspedisi yang menyediakan sistem COD saat ini yaitu Shopee Express, J&T Express dan JNE (pengiriman luar negeri).

  • Alfamat atau Indomart

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran Alfamart atau Indomart bisa memudahkan anda yang ingin membayar secara tunai. Langsung saja klik pembayaran dan buat pesanan. Bayar langsung ke Alfamart atau Indomart di daerah anda.

  • Kredivo atau Akulaku

Apabila belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran Akulaku atau Kredivo, hampir sama dengan Shopee Pay Later. Sistem pembayaran dengan mencicilnya setiap bulan.

Kirim Sebagai Dropshipper

Aktifkan menu ini jika anda Dropshipper yang membeli barang di Shopee. Setelah mengaktifkan isi nama pengirim atau nama toko dan isi nomor telpon pengirim. 

Hal tersebut fungsinya untuk mencantumkan nama toko dan nomor anda di produk yang akan dikirimkan ke pembeli anda. Jadi Supplier tidak mencantumkan tokonya di barang tersebut. Jika bukan Dropship jangan aktifkan menu ini.

8. Setelah selesai. Klik Buat Pesanan.

Barang yang anda pesan akan berada di status sedang dikemas. Selesaikan pembayaran jika belum membayar agar berubah status dikemas. Jika penjual sudah mengirim ke ekspedisi status berubah sedang dikirim.

Setelah barang datang bayar ke kurir jika menggunakan metode COD. Vidio saat membuka barang apabila ada cacat atau kesalahan, berikan bukti vidio ke penjual.

Sebelumnya pembeli harus mengetahui sistem pengembalian barang di toko tersebut. Ketika barang sudah sesuai klik pesanan diterima agar status pesanan dikirim berubah menjadi beri nilai.

Itulah beberapa langkah-langkah atau cara belanja di Shopee lengkap dijelaskan dengan cukup detil. Untuk proses dikemas mungkin ada penjual yang membutuhkan waktu lebih lama, jadi anda harus berkomunikasi dengan penjual melalui fitur chat di Shopee. Tanyakan secara langsung di Chat penjual, apabila anda ingin mengetahui tentang produk lebih jelasnya. 

Untuk belanja di Shopee dengan gratis ongkir itu tergantung pada voucher shopee anda. Baca dengan teliti syarat dan ketentuan voucher agar lebih paham saat menggunakannya. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi yang belum mengetahui cara memesan barang di Shopee. Selamat mencoba!

Rekomendasi Wisata dan Kuliner :


Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.