Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kebun Pak Budi Pasuruan, Wisata Edukasi Masa Kini

sumber ig : marketingwisata.kebunpakbudi

Ana Bintang - Wisata kerap kali menjadi tempat istirahat penghilang penat di sela-sela kesibukan. Pada umumnya wisata hanya sekedar hiburan semata, namun semakin berkembangnya kreativitas pengelola objek wisata telah memperbarui wisata yang beda dari yang lainnya.

Wisata yang tidak hanya memberi kesenangan, namum juga memberi pembelajaran atau wawasan. Salah satunya wisata edukasi masa kini yaitu Kebun Pak Budi. Rekomendasi sekali bagi orang tua yang ingin mengejak anak-anak untuk belajar dan bermain.

Budi Sugiharto adalah pemilik wisata edukasi ini yang merupakan bagian dari mimpinya. Terwujudnya Kebun Pak Budi pada lahan seluas 1,8 hektare ini disambut baik oleh masyarakat terutama Pasuruan.

Saat pertama kali dibuka akhir tahun 2017, peran sosial media menjadi sebuah dukungan terbesar atas ribuan pengunjung yang datang. Tak hanya itu, ternyata tempat wisata ini didukung oleh udara sejuk nan asri yang membuat pengunjung betah berlama-lama.

Wisata edukasi yang ditawarkan begitu menarik, mulai dari perikanan, perkebunan, peternakan dan pertanian. Cocok untuk semua kalangan yang ingin mengetahui bagaimana prosesnya kegiatan-kegiatan tersebut.

Baca Juga :

Sebelum mengunjungi Kebun Pak Budi, alangkah baiknya mengetahui beberapa informasi mengenai wisata ini.

1. Lokasi Wisata Kebun Pak Budi

Lokasi Kebun Pak Budi ini tepatnya berada di Dsn Canggih, Desa Sekar Mojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Kamu akan sangat mudah menemukan wisata ini karena terletak di pinggir jalan.

Akses jalan yang mudah untuk kendaraan anda. Jika pernah ke Taman Safari atau Bhakti alam pasti mudah menemukan Kebun Pak Budi karena lokasinya saling berdekatan.

2. Jam Buka Wisata Kebun Pak Budi

Pastikan kamu mengetahui hari operasionalnya pada hari selasa sampai dengan minggu. Paling lama wisatawan menghabiskan waktunya sampai dengan 3 jam bahkan lebih. Pasti seru karena menikmati wisata edukasinya. 

Jam buka Kebun Pak Budi sekitar pukul 09.00 hingga pukul 17.00. Biasanya pengunjung aktif paling ramai sekitar pukul 11.00 sampai dengan sore pukul 15.00.

3. HTM Wisata Kebun Pak Budi

Harga tiket masuk Kebun Pak Budi cukup murah sekitar Rp. 25.000 untuk weekday dan Rp. 35.000 untuk weekend. Kapan lagi pergi ke wisata edukasi yang harganya terjangkau. Terkadang ada promo tiket masuk dan untuk info lebih update bisa langsung menuju akun instagramnya. 

4. Fasilitas Wisata Kebun Pak Budi

Apa saja sih fasilitas yang tersedia di wisata ini? Pengunjung pasti akan lebih nyaman dengan adanya fasilitas di tempat wisata. Kerap kali fasilitas menjadi hal utama yang dilihat saat ingin melakukan liburan ke suatu tempat. Ini dia beberapa hal yang juga bisa membuat pengunjung nyaman sebagai berikut.

  • Lahan untuk parkir
  • Musholah untuk beribadah
  • Toilet umum
  • Ada mini market
  • Ruang untuk meeting
  • Cafe dan resto
  • Penginapan dan sebagainya

Tidak main-main untuk memanjakan pengunjung, pengelola menyediakan penginapan di Villa Cotage serta Glamping. Tak hanya itu, ada wahana bermain untuk anak-anak seperti kolam renang, taman kelinci dan burung dara pos. 

Bagi kamu yang ingin berkeliling tanpa capek, silahkan mencoba naik ATV. Kerennya lagi ada Outbond di Kebun Pak Budi sangat menarik dan tidak membosankan.

5. Kegiatan Edukasi Wisata Kebun Pak Budi

Ada 4 kegiatan edukasi yang biasa dilakukan pengunjung seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kopi. Pasti liburan semakin seru dengan bermain dan belajar.

  • Pertanian

Pada kegiatan kali ini wisatawan akan merasakan secara langsung bagaimana proses bercocok tanam. Pengunjung juga diajarkan menanam padi dengan benar, cara merawat padi sampai proses panen padi.

Sawah cukup untuk tempat belajar pertanian walau tidak begitu luas. Ada juga orang-orangan sawah seperti sawah pada umumnya.

  • Perkebunan

Kegiatan yang satu ini diajarkan bagaimana berkebun sayur-sayuran menggunakan metode hidroponik. Sayuran di kebun tumbuh dengan baik, adapun tanaman diantaranya bayam, selada dan sawi. 

Ilmu yang bisa didapat yaitu cara menanam sayur dengan medium air, cara merawat sayur supaya tidak mudah terserang hama hingga panen sayur.

  • Peternakan

Pengunjung yang ingin mengetahui tentang peternakan, bisa belajar di sini. Semua hal akan diajarkan mulai dari merawat sapi agar sampai dengan menuai hasil dari sapi seperti susu perah dan dagingnya serta masih banyak hewan yang lainnya.

  • Perikanan

Kebun Pak Budi juga tersedia kolam ikan. Jadi wisatawan bisa belajar bagaimana cara budidaya ikan dan merawatnya hingga besar.

  • Kopi

Ada apa dengan kopi? Tentu di sini juga akan menambah ilmu tentang kopi luwak. Bagaimana cara mengolah kopi hingga meraciknya menjadi kopi yang enak. 

Wisata Menarik Lainnya :

Itulah beberapa informasi sedikit mengenai Wisata Edukasi Kebun Pak Budi di Pasuruan. Cukup menarik bukan? Cocok sekali untuk agenda rekreasi sekolah dan liburan keluarga. Jadi tidak hanya mendapat kesenangan, namun juga menambah ilmu. Semoga artikel ini membantu liburanmu lebih berkualitas. Selamat berwisata sobat traveler!


Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.