Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Kamu Kunjungi saat Liburan


sumber gambar : @dhian_hardjodisastro


Destinasi wisata yang ada di Jepara memang banyak sekali ragamnya. Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Baik dari kondisi geografisnya maupun dari hal lainnya seperti kuliner khasnya, adat istiadat dan sebagainya. Letak juga sering sekali mempengaruhi suatu wilayah untuk memiliki keindahan tersendiri.

Seperti yang ada di Jepara, destinasi wisata di sana cukup menarik perhatian banyak wisatawan, baik lokal ataupun asing. Terutama bagi warga di sekitarnya, tentu saja hal itu tidak akan menghalangi mereka untuk tetap berkunjung ke tempat wisata ini.


10 Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Kamu Kunjungi saat Liburan

Ada banyak sekali destinasi wisata di Jepara yang bisa kamu kunjungi. Namun, ada beberapa destinasi wisata Jepara yang menjadi ciri khas tersendiri. Berikut ulasan blog mengenai 10 destinasi wisata Jepara yang wajib kamu kunjungi saat mampir ke kota ini.

1. Pantai Kartini

Pantai kartini adalah Destinasi wisata pantai yang terletak di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini tepatnya terletak di 2,5 Kilometer dari arah barat pendopo kantor Bupati Jepara. 

Destinasi wisata Jepara yang luasnya sekitar 3,5 Hektare ini merupakan kawasan yang strategis, karena tempat ini juga menjadi jalur transportasi laut menuju objek wisata lain, yaitu Karimun Jawa dan Pulau Panjang. 

Selain itu, tempat ini juga terdapat banyak permainan yang menarik untuk dicoba, seperti naik mobil ATV, motor cross, hingga mandi bola. Tidak hanya itu, di pantai kartini kamu juga bisa melihat berbagai macam ikan hiu di kura-kura ocean park. Jadi, tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

2. Karimun Jawa

Destinasi Wisata Jepara selanjutnya adalah Karimun jawa.Tempat wisata Karimun jawaini terletak di utara Jawa Tengah, jaraknya kurang lebih 80 Kilometer dari kota Kartini Jepara. Destinasi wisata ini memiliki luas daratan kurang lebih 1500 hektare dan perairannya kurang lebih sekitar 110.000 hektare. 

Karimun jawa sekarang telah dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang mulai banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun asing. Selain itu, pemandangannya juga sangat indah. Jadi, sangat disayangkan jika kamu tidak berkunjung ke tempat yang satu ini saat berada di Jepara.

3. Pulau Panjang

Destinasi wisata di Jepara ini tempatnya masih asri, tak heran banyak pengunjung yang betah berlama- lama di sini. Di sini terdapat banyak sekali pepohonan yang sangat rimbun. Di sini juga sudah dibangun jalan setapak dari paving. Jadi, pengunjung dapat berjalan dengan nyaman tanpa masalah.

Destinasi wisata Jepara ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Namun, transportasi atau perahu untuk menuju ke tempat ini hanya melayani dari pagi hingga sore hari saja. Pastikan kamu datangnya tidak pas malam hari ya.

4. Jepara Ourland Park (JOP)

Destinasi wisata  Jepara yang wajib kamu kunjungi saat liburan selanjutnya yaitu Jepara Ourland Park (JOP). Destinasi wisata Jepara ini terletak di Pantai Monorejo RT 04 RW 02, Desa Monorejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. 

Destinasi wisata Jepara ini tergolong masih "gress" alias masih baru. Objek wisata ini pertama kali diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada tanggal 10 April 2016 lalu.

Jepara Ourland Park atau sering di singkat JOP ini menjadi objek wisata bahari terbesar di Jawa Tengah. Tempat ini terdapat berbagai wahana menarik yang bisa kamu coba, seperti perosotan, banana boat,dan sebagainya. Jadi, tempat ini sangatlah cocok untuk kamu kunjungi jika mampir ke kota ini.

5. Puncak Jehan

Destinasi wisata Jepara ini terletak di Desa Kunir, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Wisata Gardu Pandang yang berada di Puncak Jehan ini menjadi salah satu destinasi wisata Jepara kekinian yang paling banyak digemari di Jepara. 

Selain tempatnya yang masih asri, tempat ini juga tidak kalah soal pemandangannya. Pemandangan di tempat ini sangatlah bagus untuk kita nikmati apalagi kalau sore hari. Selain itu, tempat ini juga terkadang dijadikan objek untuk konten youtube.


Baca Juga: Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP, Dijamin banyak Viewer!!


6. Bukit Bejagan

Destinasi wisata Jepara yang satu ini terletak di Kaki Pegunungan Muria. Selain memiliki keindahan alam yang masih asri, banyaknya pepohonan membuat tempat ini menjadi lebih indah dan nyaman.

Selain itu, udara yang sejuk membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini. Jika kamu datang ke sana kamu juga bisa langsung mencoba kopi khas Tempur yang menjadi andalan warga sekitar. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin berkemah bersama teman maupun keluarga.

7. Air Terjun Songgo Langit

Destinasi wisata Jepara selanjutnya adalah Air Terjun Songgo Langit. Destinasi wisata Jepara yang satu ini teletak di Dukuh Nglencer, Desa Buwu, kecamatan Kembang 30 Kilometer sebelah utara dari pusat Kota Jepara.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter. Selain itu, tempatnya juga masih tergolong asri. Jadi, sangat cocok buat kamu yang ingin bersantai ataupun ingin menikmati pemandangan.

8. Desa Tempur

Salah satu destinasi wisata Jepara selanjutnya yaitu Desa Wisata Tempur. 

Banyak orang yang bilang kalau desa ini tersembunyi. Objek wisata ini terletak di tengah-tengah barisan 7 gunung kecil yang termasuk dalam pegunungan Muria. 

Jika kamu berniat untuk liburan ke sana tanpa gangguan dan tenang, tempat wisata ini jelas bisa menjadi pilihan yang tepat.

9. Pantai Bondo

Pantai Bondo adalah salah satu destinasi wisata Jepara yang cukup populer dan banyak dikunjungi. Pantai Bondo memiliki keindahan pantai dengan warna pasir putih yang membuat pantai ini terlihat lebih unik dan menarik.Hal inilah yang membuat pantai Bondo menjadi tempat terindah yang ada di Jepara.

Tempat ini juga banyak dikunjungi remaja, mahasiswa, hingga keluarga dari berbagai daerah. Pantai Bondo ini menjadi titik terindah diantara pantai Kartini dan Bandengan yang menjadi icon kelahirannya ibu Kartini.

10. Benteng Portugis

Salah satu destinasi wisata yang ada di Jepara selanjutnya adalah Benteng Portugis. Tempat wisata ini terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo atau 45 kilometer di sebelah timur laut Kota Jepara. Tempat wisata ini sangat bagus karena, benteng portugis juga merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih ada hingga sekarang.

Bentar lagi kan liburan sekolah, kamu mau liburan kemana nih? Itulah ulasan mengenai destinasi wisata Jepara yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Sebenarnya, masih ada banyak lagi destinasi yang ada di Jepara selain yang telah disebutkan di atas.Semoga bermanfaat ya.



(Chiko, Penulis website malesngeblog.com)









Baca Juga:
Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.