5 Teknologi yang Tengah Tren Ketika Masa Pandemi


Teknologi di masa pandemi ini telah memiliki peran yang sangat penting untuk membuat aktivitas masyarakat tetap berlangsung seperti sedia kala. Ada beberapa tren teknologi yang tengah booming ketika masa - masa pandemi seperti saat ini. Berikut ini akan diulas mengenai apa saja teknologi yang sedang tren tersebut, antara lain yaitu :


Apa Saja Teknologi yang Tengah Tren Ketika Masa Pandemi ?

1. Belanja Secara Online

Hal pertama yaitu belanja secara online. Belanja dengan metode ini telah menjadi tren yang sangatlah populer dan mengalami peningkatan dengan pesat ketika masa pandemic covid – 19 ini. Jika sebelumnya belanja secara online ini hanyalah sebuah alternatif bagi warga yang ingin berbelanja, namun ketika masa - masa seperti saat ini belanja online adalah opsi pertama yang mereka pilih.

Hal tersebut disebabkan oleh karena terdapat anjuran agar masyarakat membatasi aktivitas mereka di luar rumah, serta kebanyakan supermarket mulai menutup tokonya dikarenakan pembatasan tersebut.


2. Pembayaran Secara Digital

Selain berbelanja secara online, pembayaran pun saat ini juga dilakukan dengan cara digital. Hal tersebut mengingat bahwasannya uang tunai bisa menjadi media yang dapat menghantarkan atau menularkan virus covid 19.

Pembayaran digital baik itu memakai dompet elektronik ataupun kartu kredit menjadi rekomendasi sistem pembayaran baru agar masyarakat bisa terhindar dari penyebaran virus Corona yang sedang melanda saat ini.

Dengan metode pembayaran inilah masyarakat bisa tetap melakukan pembayaran dan pembelian online untuk jasa atau pun barang, pulsa, tagihan listrik rumah, tagihan air dan lain sebagainya. Di negara Indonesia sendiri pembayaran digital juga telah banyak diterapkan oleh warga masyarakat.


3. Bekerja dari Rumah

Aktivitas lain yang juga terpaksa harus diubah saat masa - masa pandemi yaitu cara bekerja. Dikarenakan penyebaran virus saat ini makin meningkat, maka banyak perusahaan yang akhirnya diminta untuk mempekerjakan karyawannya dari rumah. 

Alhasil bekerja dari rumah atau sering juga disebut dengan work from home (WFH) menjadi sebuah trend baru saat pandemi. Pekerjaan jarak jauh tersebut tentunya akan menggunakan sejumlah teknologi, termasuk di antaranya adalah jaringan pribadi virtual untuk dapat mengakses situs, video conferencing untuk melakukan rapat secara virtual dan protokol suara melalui internet untuk bisa melakukan video call.

Kerja yang dilakukan dengan jarak jauh ini nyatanya juga dapat menghemat waktu perjalanan sekaligus juga memberikan lebih banyak fleksibilitas pada para karyawan. Tercatat bahwasannya di negara Indonesia itu sendiri terdapat lebih dari sebanyak 50% perusahaan yang telah memperlakukan WFH selama masa pandemi.

Namun sekalipun WFH ini memberikan kondisi yang lebih fleksibel pada para karyawannya. Namun metode tersebut juga memiliki kekurangan, yaitu adanya ancaman dari siber.

Dua hal yang merupakan ancaman keamanan siber terbesar yang tengah dihadapi oleh para perusahaan, yaitu akses ke jaringan atau aplikasi yang tengah di pakai oleh perusahaan tersebut dan juga data pribadi seperti contohnya data - data penting milik pelanggan atau perusahaan.


Apa Dukungan Teknologi yang Dibutuhkan Saat Melakukan Pembelajaran Secara Daring ?

4. Belajar Secara Daring

Proses belajar mengajar selama adanya covid - 19 ini juga dituntut untuk dilakukan melalui rumah. Sehingga para siswa harus belajar secara daring. Hingga sampai saat ini proses belajar secara daring ini tetap terus dilakukan.

Sementara untuk mendukung aktivitas belajar siswa secara daring tersebut, tentunya akan memerlukan dukungan teknologi antara lain mencakup perangkat elektronik untuk belajar secara daring, bahan ajar yang kompatibel untuk metode daring, jaringan internet agar dapat mengakses materi dan lain sebagainya.

Di negara Indonesia sendiri pemerintah telah memerintahkan sekolah untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh tersebut sejak bulan Maret tahun 2020.


5. Hiburan Online

Tak dapat dipungkiri bahwasannya pandemi membuat masyarakat harus membatasi segala aktivitasnya di luar rumah, hal itu tentu akan membuat sebagian masyarakat merasa bosan dikarenakan tempat rekreasi dan tempat hiburan juga akan ditutup selama masa-masa pandemi.

Oleh karena itulah, mencari hiburan secara online ini merupakan salah satu alternatif cara untuk melepas rasa bosan dan penat setelah bekerja dari rumah.

Tren baru di dunia hiburan tersebut dilaporkan mengalami peningkatan selama masa pandemi, seperti contohnya konser online, peluncuran film online, tur museum secara daring dan lain sebagainya.

Selain itu untuk bisa melepas rasa penat dan bosan mereka, tak sedikit juga orang-orang yang yang mulai memanfaatkan game online sebagai salah satu alternatif hiburan selama masa pandemi covid-19. 

Tidak hanya kalangan anak-anak saja yang gemar memainkan game online, tapi juga banyak dewasa muda saat ini juga tengah menggandrungi game online oleh karena dianggap mampu untuk membuat diri mereka tetap terhibur selama aktivitas diluar dibatasi. 



Baca Juga:

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Informasi