5 Kesalahan Umum Ketika Investasi Emas


Bagi beberapa orang emas saat ini masih jadi salah satu pilihan utama untuk dijadikan investasi. Salah satu alasannya yaitu karena emas adalah instrumen investasi yang likuid sehingga mudah ketika ingin dikonversi menjadi uang. 

Selain itu juga emas termasuk investasi yang terbilang praktis dan minim resiko. Namun sekalipun begitu banyak orang yang seringkali melakukan kesalahan dalam melakukan investasi emas. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang seringkali dilakukan oleh seseorang yang bisa melakukan investasi emas, antara lain yaitu :


Apa Saja Kesalahan Umum Saat Berinvestasi Emas?


1. Membeli Emas dalam Bentuk Perhiasan

Kesalahan umum yang kerap kali terjadi dan dilakukan oleh orang saat ingin berinvestasi emas, yaitu mereka cenderung membeli emas dalam untuk perhiasan. Perlu untuk diketahui, emas perhiasan bukanlah instrumen yang tepat. 

Hal tersebut dikarenakan toko emas tak hanya menghitung berat serta kadar dari emas yang Anda beli, namun juga mereka menarik biaya untuk pembuatan perhiasan tersebut. Semakin rumit bentuk dari emas, maka tentunya semakin mahal biaya yang perlu Anda keluarkan. Oleh karena itulah solusi terbaik yaitu dengan cara Anda membeli emas batangan. 


2. Tidak Menyimpan Emas di Tempat yang Aman

Ketika melakukan investasi emas sebagian orang terkadang tidak terlalu mempersoalkan mengenai masalah tempat penyimpanan. Pada umumnya mereka hanya meletakkan emas tersebut di lemari kamar tidur mereka ataupun di tempat-tempat lain di rumah mereka. 

Perlu untuk Anda ingat emas di sini benda yang mudah untuk dipindahkan dan dibawa. Hal tersebutlah yang membuat emas rentan sekali untuk dicuri orang atau hilang. Terlebih jika di sini Anda tinggal di lingkungan yang rawan oleh tindakan kejahatan.

Anda perlu untuk memperlakukan emas ini sebagai sebuah instrumen yang patut untuk dijaga. Jika di sini jumlah emas yang Anda miliki telah baharga, maka Anda bisa mengeluarkan uang untuk melakukan sewa safe deposit box di bank yang memang jauh lebih aman.


3. Tidak Memantau Harga

Kesalahan selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu terlalu terburu - buru saat ingin membeli emas tanpa melakukan perbandingan harga atau memantau harga terlebih dahulu. Kesalahan ini umumnya dilakukan oleh para investor baru atau pemula.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda pantau terlebih dahulu harga emas dan bandingkan. Sekalipun kegiatan ini cukup membuang waktu namun Mun dapat menghindarkan Anda dari kerugian.


4. Membeli dengan berhutang

Sebagian orang membeli emas dengan cara kredit atau berhutang. Sebenarnya hal tersebut merupakan sebuah kesalahan karena perlu Anda tahu bahwa jika membeli emas dengan cara dicicil akan mempunyai risiko gagal bayar.

Tak hanya itu saja, emas yang Anda kredit itu pun juga tidak dapat langsung Anda miliki hingga akhirnya cicilan lunas.  

5. Membeli Emas dalam Jumlah yang Besar

Saat Anda membeli emas dalam jumlah atau ukuran besar tentu akan lebih sulit dijual ketimbang di sini Anda membeli emas dengan ukuran yang kecil. Oleh karena itulah jika Anda berniat untuk investasi emas, maka sebaiknya membeli emas dengan mengkombinasikan antara ukuran besar dan kecil. 

Selain itu perlu bagi Anda untuk menghindari menghabiskan uang untuk membeli emas. Anda perlu memecahkan dana disebut untuk kebutuhan hidup dan juga investasi dengan begitu kondisi keuangan Anda akan tetap stabil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat .


Baca Juga:

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Bisnis