Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Upload Produk Jualan di Tokopedia dengan Mudah Bagi Pemula

Bisnis merupakan bidang yang paling banyak diminati masyarakat. Mulai dari mikro sampai dengan makro. Berdasarkan dari pengamatan atau pengalaman orang lain, pasti bisa menjadi pandangan bagi anda untuk membuat sebuah usaha.

Usaha yang banyak ditemukan dalam kategori fashion atau style, kuliner dan berbagai ragam kebutuhan sehari-hari. Pada mulanya usaha yang dilakukan secara offline sangat digemari masyarakat, bahkan berlomba-lomba untuk mendirikan toko, kedai, resto dan sebagainya.

Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun strategi pemasaran bagi pelaku usaha semakin berkembang, apalagi pada saat pandemi Covid-19. Semua pengusaha kecil sampai menengah memilih berjualan secara online agar bisa menunjang kebutuhan sehari-hari dan membuat usahanya tetap bertahan.  

Baca Juga :

Cara Upload Produk di Tokopedia Melalui Android

Bagi anda yang menjadikan Tokopedia sebagai salah satu marketplace untuk membuka toko pemula, caranya sudah kami berikan disini. Baiklah setelah membuka toko selesai, alangkah baiknya memahami bagaimana cara upload produk di Tokopedia terbaru 2021 untuk pemula melalui HP atau android.

1. Buka aplikasi Tokopedia Seller yang telah di unduh melalui Play Store atau App Store. Setelah terbuka anda berada di halaman Home dan silahkan klik halaman Produk.

2. Pada halaman produk, klik tanda tambah (+) di sebelah kanan atas.

3. Setelah itu klik Mulai

4. Pilihlah dan klik produk yang akan anda unggah. Ada batasan jumlah gambar produk yang bisa di unggah. Jika sudah klik lanjut di pojok kanan atas.

5. Edit gambar produk sesuai keinginan. Jangan berlebihan agar masih terlihat real. Setelah itu klik lanjut.

6. Isi nama gambar produk tersebut, pastikan nama sesuai dengan gambar.

7. Pilih kategori sesuai dengan produk. Kategori memudahkan calon pembeli menemukan barang yang dicari.

8. Pada beberapa bagian ini

  • Isi bagian harga produk. Pastikan harga bersaing, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, bahkan bisa merugikan. Sesuaikan dengan harga pasar.
  • Aktifkan Grosir jika anda memberi harga grosir dan nonaktifkan jika tidak.

9. Pada halaman ini

  • Isi stok produk anda yang tersedia
  • Isi minimum pemesanan. Paling sedikit 1
  • Aktifkan PreOrder, jika anda membutuhkan waktu beberapa hari untuk memproses pesanan pembeli
  • Aktifkan jika kondisi produk dalam keadaan baru atau bekas
  • klik tambah untuk menampilkan di etalase sesuai namanya. Setelah selesai klik lanjut
10. Pada halaman selanjutnya

  • Isi deskripsi produk secara detail dan menarik agar calon pembeli lebih yakin terhadap toko anda
  • Kemudian klik tambah vidio, apabila ingin memberikan vidio produk anda secara langsung
  • Tambah varian untuk memberi warna dan ukuran. Silahkan klik warna dan ukuran untuk diterapkan di produk. Contohnya seperti dibawah ini. Setelah selesai klik lanjut.
  • Isi stok pada masing-masing produk seperti di bawah ini. Anda juga bisa nonaktifkan produk jika stok habis. Selanjutnya klik simpan.
11. Kembali ke halaman yang tadi. Jika sudah sesuai langsung klik lanjut.
12. Tentukanlah detail pengiriman. Isi berapa berat satuan produk tersebut dan kami sarankan untuk mengaktifkan asuransi. Supaya barang terjamin keamanannya. Kemudian klik selesai.
13. Inilah upload produk anda sudah berhasil.
Itulah langkah-langkah upload produk jualan di Tokopedia dengan mudah untuk pemula. Hanya melalui android, sudah bisa membuat toko online sendiri. Cukup mudah bukan? Tunggu apalagi, buat tokomu menjadi dikenal semua orang.

Pastikan kualitas harga dan barang sesuai agar pembeli tidak kecewa. Berikan pelayanan yang ramah dan sopan untuk membangun reputasi toko yang baik. Selamat mencoba!


Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.