Tips Investasi Emas Bagi Pemula


Emas tak hanya populer sebagai sebuah perhiasan saja, namun masih di sini juga dianggap sebagai salah satu pilihan investasi yang cukup menguntungkan bagi seseorang. Emas adalah barang yang harganya cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. 

Sekalipun terkadang mengalami penurunan, namun itu tidak terlalu signifikan. Tidak heran jika untuk saat ini emas semakin banyak diburu sebagai alat investasi. Oleh karena popularitasnya yang kian meningkat, sehingga banyak orang yang saat ini mulai beralih untuk berinvestasi di instrumen emas. 

Bagi Anda yang saat ini ingin melakukan investasi emas, maka di bawah ini akan kami berikan tips untuk melakukan investasi emas, khususnya untuk Anda yang masih pemula. Berikut dapat Anda simak tips – tipsnya, antara lain :


Apa Saja Tips Investasi Emas Bagi Pemula?

1. Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memulai untuk berinvestasi emas, di sini Anda perlu untuk menentukan tujuan dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang dapat dijadikan sebagai sebuah target, seperti contohnya untuk pendidikan, tabungan, pernikahan, investasi hari tua dan lain sebagainya.  

Sementara untuk sebagai contoh lainnya yaitu Anda telah menargetkan dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan akan berhenti bekerja dan memulai untuk membuka usaha. 

Kemudian penghasilan dari gaji sebagian akan disisihkan untuk dilakukan investasi emas. Jika Anda telah mempunyai tujuan yang jelas, maka nantinya akan lebih mudah dalam menentukan berapa besar emas yang perlu dipastikan tiap bulannya.

2. Pantau Harga Emas dengan Rutin

Memantau perkembangan harga emas yang dilakukan secara rutin dan berkala sangatlah penting disini. Sementara untuk melakukan pemantauan harga emas bukanlah hal yang sulit karena memang saat ini banyak situs internet yang menampilkan mengenai perubahan harga emas tiap harinya. 

Bahkan terdapat pula aplikasi di ponsel yang menampilkan hal tersebut dan dapat Anda unduh. Emas sekalipun dikenal sebagai salah satu instrumen investasi paling stabil, namun terkadang juga mengalami penurunan. Sekalipun hal tersebut jarang terjadi tak ada salahnya bagi Anda untuk membeli. 

Kemudian ketika harga emas melonjak tinggi, Anda dapat menjual emas - emas tersebut. Perlu anda ketahui bahwa investasi emas merupakan investasi jangka panjang sekitar dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun mendatang.

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Tips investasi emas yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu mengetahui tempat di mana pembelian emas. Ada beberapa tempat yang bisa menjual emas batangan untuk dilakukan investasi. 

Namun disini sebaiknya Anda membeli emas di tempat yang menjualnya secara resmi. Resmi dalam artian Anda akan memperoleh surat - surat serta sertifikat dari penjualan emas tersebut.  

4. Berfokus Pada Masa Depan

Tips investasi emas bagi pemula yang terakhir yang bisa dilakukan yaitu sebaiknya Anda lebih fokus pada masa depan. Anda perlu untuk memahami bahwasanya Investasi adalah tabungan yang dilakukan untuk masa depan, baik itu sifatnya jangka panjang maupun jangka pendek. 

Jadi ketika melakukan investasi termasuk disini emas, maka perlu kesabaran saat ingin melihat hasilnya. Emas sangatlah cocok sebagai salah satu investasi jangka panjang sehingga dengan begitu hasilnya baru akan terasa 5 hingga 10 tahun mendatang. 

Perlu Anda ingat pula bahwasanya investasi berbeda dengan berbisnis yang memang memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan dalam waktu singkat. Karena itulah dalam melakukan investasi Anda perlu fokus pada tujuan masa depan yang nantinya ingin Anda peroleh. 


Baca Juga:

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Bisnis