Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengajukan Pinjaman Dana Usaha Melalui Modal Toko di Tokopedia


Ana Bintang - Modal toko adalah fasilitas yang diberikan kepada pemilik toko atau penjual di Tokopedia berupa pinjaman modal dan bertujuan untuk mengembangkan usaha. Apabila sudah melakukan registrasi serta aktivasi, penjual bisa langsung melakukan pinjaman dengan menambah kredit TopAds, menambah stok atau varian barang.

Sering kali muncul pertanyaan bagaimana caranya mendapatkan Modal Toko? Biasanya ada notifikasi dari aplikasi Tokopedia anda, apabila mendapat kesempatan untuk mengajukan Modal Toko. 

Perlu diketahui untuk saat ini Modal Toko hanya diberikan kepada Penjual yang terpilih pada daerah tertentu seperti Surabaya, Tangerang, Bandung, Jakarta, Bekasi, Depok dan Sidoarjo. Beberapa daerah tersebut kemungkinan dapat melakukan pengajuan Modal Toko, namun umur akunnya minimal 6 bulan.

Kemungkinan lain jika umur akun dan daerah sesuai, tapi tidak tersedia Modal Toko dapat dilihat dari performa penjualan. Apakah mengalami kenaikan atau tidak? Sebab fitur tersebut ditujukan kepada toko yang memiliki performa penjualan cukup sesuai kebijakan yang telah berlaku.

Kredit limit Modal Toko ini disediakan oleh Partner PT Semangat Gotong Royong yang diawasi serta terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda dapat menggunakan limit Modal Toko sesuai penarikan dana yang diinginkan.

Penarikan tersebut minimal Rp. 200.000 serta maksimum sekitar Rp. 300.000.000. Tentunya nominal limit yang diberikan berbeda-beda, namun minimal limit yang dapat diberikan sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 300.000.000.

Keuntungan dari Modal Toko

1. Cukup Fleksibel serta Tarik Pinjaman Kapanpun

  • Penjual bisa melakukan penarikan pinjaman dana kapanpun sesuai kebutuhan. Asalkan kredit limit aktif, dapat menarik berkali-kali sampai batas batas limit anda
  • Penjual dikenakan bunga ketika melakukan penarikan pinjaman. Tidak ada biaya serta administrasi jika fasilitas ini tidak digunakan
  • Limit modal toko ini dapat anda gunakan untuk mempromosikan usaha dan mengembangkannya. Misalnya untuk kredit TopAds di Tokopedia, anda juga dapat melakukan tarik tunai lewat saldo seller
  • Penjual dapat memilih 3 dan 6 bulan untuk jangka waktu pembayaran pinjaman yang dilakukan

2. Proses Cepat, 1 Menit Saja

  • Penjual dapat melakukan proses pengajuan hingga pembayaran pada platform Tokopedia
  • Cukup 1 menit saja  dalam proses pengajuan Modal Toko menggunakan verifikasi KTP yang sangat mudah
  • Verifikasi pinjaman Modal Toko terbilang lebih cepat daripada pinjaman lainnya
  • Penjual cukup melakukan verifikasi saat pengajuan aplikasi pertama kali

3. Cukup Terpercaya

  • Adanya keamanan ketika melakukan transaksi dilengkapi dengan OTP (One-Time Password)
  • Penjual dapat melakukan penarikan kapan saja setelah disetujuinya aplikasi Modal Toko

Cara Mengajukan Aktivasi Modal Toko

  1. Silahkan ketik Modal Toko pada pencarian. Jika melalui aplikasi Tokopedia Seller, anda dapat melihat pada bagian layanan keuangan dan pilih Modal Toko.
  2. Anda langsung klik tulisan di bawah Aktivasi Modal Toko.
  3. Silahkan pilih metode verifikasi, maka muncul kode OTP dan masukkan.
  4. Anda pilih Isi Data untuk melengkapi identitas yang diperlukan.
  5. Pengajuan fitur Modal Toko anda sedang diproses.
  6. Jika pengajuan aktivasinya telah disetujui, anda akan mendapat notifkasi email mengenai diterimanya dari pihak mitra PrivyID.

Cara Melakukan Penarikan Dana dari Modal Toko

  1. Selesai melakukan aktivasi akun, anda sudah dapat mencairkan dana Modal Toko. Silahkan masuk ke halaman Modal Toko, kemudian klik Tarik Dana.
  2. Kemudia klik mengerti saat diminta untuk melakukan tanda tangan digital.
  3. Anda ketik berapa pinjaman yang diinginkan, pilih tenor berapa bulan pinjaman dibayarkan dan skema cicilannya. Setelah itu klik lanjut ke Ringkasan.
  4. Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu. Jika dirasa sudah paham, anda klik Tarik Modal Toko.
  5. Anda diminta untuk memasukkan kata sandi akun Tokped, selanjutnya klik saja Tarik Modal Toko.
  6. Proses 1x24 jam untuk menunggu dokumen tanda tangan digital anda.
  7. Apabila sudah muncul halaman Penarikan Dana yang harus anda tandatangani. Klik Tanda Tangan.
  8. Anda harus menandatangani dokumen tersebut dengan batas waktu 3x24 jam. Jika tidak, anda diminta melakukan pengajuan pinjaman kembali.
  9. Silahkan cek saldo penghasilan anda terdapat pencairan dana Modal Toko.

Cara Membayar Tagihan Modal Toko

  1. Silahkan anda pilih tagihan yang akan dibayar.
  2. Pada halaman ringkasan pembayaran tagihan, anda dapat mengubah jumlah pembayarannya, klik saja Ubah Jumlah. Anda dapat membayar minimal Rp. 10.000 dan maksimal sejumlah tagihan yang ada.
  3. Anda dapat memilih ingin membayar tagihan Toko Modal dengan beberapa metode pembayaran seperti transfer virtual dari Bank BCA, Mandiri, Briva, BNI dan Danamon. Anda juga bisa membayar tagihan Toko Modal secara Tunai di Gerai Retail Melalui Indomart/Ceriamart, Alfamart/Alfamidi, KantorPos, JNE dan sebagainya.

Penyebab Pengajuan Modal Toko Ditolak

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pengajuan bisa ditolak? Jadi hasil dari pengajuan tersebut sepenuhnya berada pada partner. Sudah ada beberapa alasan kemungkinan sebab dari ditolaknya pengajuan anda sebagai berikut.

  1. KTP yang anda foto mungkin buram, masa aktif tidak berlaku ataupun salah.
  2. Foto selfi bersama KTP tidak sesuai dengan yang ada di KTP.
  3. Anda sudah pernah disetujui dalam pengajuan Modal Toko.
  4. Anda pernah melakukan pengajuan Modal Toko dan ditolak kurang dari 3 bulan.
  5. Ditolaknya pengajuan bisa juga karena parameter internal dari pihak Partner.

Modal Toko Diblokir

Fitur Modal Toko anda dapat diblokir oleh pihak Tokopedia dengan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Anda telah mengajukan pemberhentian untuk memakai Modal Toko.
  2. Semua data yang anda berikan palsu sehingga tidak sah.
  3. Anda terlibat dalam transaksi yang mencurigakan.
  4. Toko anda dalam masa moderasi situs atau aplikasi bisa juga blacklist.
  5. Adanya tunggakan tidak membayar sesuai jatuh tempo selama 15 hari serta tidak melunasinya hingga lebih dari 60 hari sejak jangka waktu yang ditentukan.
  6. Anda telah melanggar ketentuan dan syarat.

Akibat Tidak Membayar Cicilan Modal Toko

  1. Anda akan mendapatkan denda keterlambatan setelah tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.
  2. Jika anda memiliki tagihan yang sudah jatuh tempo, secara otomatis dilakukan pemotongan dana pada penjual melalui saldo penghasilan anda berapapun nominalnya.
  3. Fitur Modal Toko dapat diblokir, jika anda terdapat tunggakan selama 15 hari setelah jatuh tempo serta tidak melakukan pelunasa selama 60 hari sejak jatuh tempo. Hal tersebut menyebabkan anda sudah tidak dapat melakukan penarikan dana pinjaman.
  4. Adapun berdampak pada fitur penghasilan penjual yang akan dinonaktifkan sampai anda melakukan pelunasan terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa informasi singkat mengenai Fitur Modal Toko yang ada di Tokopedia. Anda bisa mendapat tambahan modal usaha melalui fitur tersebut. Pastikan toko anda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada. 

Gunakan Modal Toko sebijak mungkin dan sesuaikan dengan pendapatan anda agar mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terlalu banyak tagihan/tunggakan, toko merugi dan tidak dapat melakukan penulasan Modal Toko. Semoga artikel ini bermanfaat, semangat pengusaha!


Baca juga :
Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.