7 Wisata Petualangan Terbaik di Indonesia


sumber gambar : explorejawatimuran


Indonesia selalu menawarkan tempat yang luar biasa untuk dikunjungi. Setiap tempat di Indonesia menciptakan kesan yang sangat berharga. Ada begitu banyak tempat di mana Anda bisa mendapatkan petualangan hebat dan akan membuat Anda semakin mencintai Indonesia. 

Berikut beberapa wisata petualangan Indonesia terbaik dan harus ada dalam daftar Anda. jika Anda seorang petualang sejati.

Apa Saja Wisata Petualangan Terbaik di Indonesia?

1. Trekking ke Pulau Padar

Pulau Padar di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu pilihan utama para petualang yang berwisata ke Taman Nasional Komodo dan sekitarnya. Pulau cantik ini merupakan pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo . Pulau Padar sendiri terletak tepat di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Dari Labuan Bajo dibutuhkan setidaknya 4 jam perjalanan dengan perahu untuk mencapai pulau ini. Padar memiliki padang sabana yang sangat kering dan tandus. Untuk sampai ke puncak Pulau, setidaknya Anda harus trekking kurang lebih 45 menit hingga satu jam.


2. Mendaki ke Dataran Tinggi Vulkanik Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata unggulan Indonesia yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat fenomena Blue Fire yang biasanya muncul sekitar pukul 02.00 hingga 04.00.

Blue Fire adalah hasil reaksi kimia dari gas alam dan oksigen pada temperatur tertentu. Sangat jarang karena pemandangannya hanya terjadi di dua tempat di dunia, Kawah Ijen dan Islandia. Durasi naik turun Gunung Ijen sekitar empat jam, jadi jika ingin melihat Blue Fire atau matahari terbit harus berangkat lebih awal.


3. Menyaksikan Matahari Terbit di Bromo

Gunung Bromo tentunya sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan, terutama yang berjiwa petualang. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut.

Meski tidak sebesar gunung berapi lainnya, Gunung Bromo membentang melintasi perbatasan empat kabupaten di Jawa Timur, yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang. Bagian-bagian ini saling terkait antara lembah, ngarai dan kaldera. Gunung Bromo juga memiliki lautan pasir seluas 10 km2.

Momen terbaik bagi pendaki saat mengunjungi Bromo adalah saat matahari terbit dari ufuk timur. Dengan mendaki ke puncaknya yang berada di ketinggian 2.770 meter, mereka bisa melihat sinar matahari yang datang dari balik gunung.


4. Mendaki Gunung Merapi untuk Sunrise

Gunung Merapi di Yogyakarta memang mempesona. Mendaki gunung ini di pagi hari, traveler bisa menikmati indahnya matahari terbit. Ini adalah gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.968 meter di atas permukaan laut. 

Jika Anda berencana mendaki ke puncak untuk melihat matahari terbit, pastikan Anda banyak beristirahat di siang hari. Perjalanan akan cukup sulit dan Anda setidaknya harus cukup fit. 

Upaya Anda mencapai puncak gunung akan sia-sia saat Anda duduk di tepi kawah menyaksikan matahari terbit dengan kawah berasap dari salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Hal ini sangat indah.


5. Pelayaran Phinisi Labuan Bajo

Berlayar atau cruising adalah salah satu alternatif dan cara ideal untuk menjelajahi Kepulauan Komodo dan mendapatkan pengalaman terbaik dari Taman Nasional Komodo Warisan Dunia. Sambil berlayar Anda juga bisa melakukan snorkeling, jalan-jalan, trekking pulau atau hanya bermalas-malasan di kapal. 

Salah satu layanan pelayaran terbaik yang bisa Anda coba adalah dari Plataran Private Cruises. Plataran Phinisi Felicia adalah yang terbesar di armada dan menawarkan pengalaman berlayar yang tak tertandingi. 

Dengan dua kabin utama dan empat kembar, Felicia menawarkan kemewahan dan ruang yang tak tertandingi untuk bermalas-malasan dan berkeliling pulau dan teluk tujuan berlayar, termasuk Kepulauan Komodo dan daerah sekitar Flores, tujuan terpanas di Indonesia.  


6. Jelajahi Toraja & Sulawesi Selatan

Tana Toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Tana Toraja dihuni oleh orang Toraja yang tinggal di wilayah tersebut. 

Kehidupan Suku Toraja yang mempertahankan gaya hidup khas Austronesia menjadi salah satu daya tarik wisata berbasis budaya yang masih menjadi keunikan tersendiri bagi para pelancong yang berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Upacara pemakaman adalah peristiwa terpenting dalam kehidupan orang Toraja. Tradisi dan ritual kuno selama upacara pemakaman dikenal sebagai ritual pemakaman paling aneh di dunia. Itu ada selama berabad-abad namun masih dipraktekkan sampai sekarang.


7. Mendaki Melalui Danau Toba dan Pulau Samosir

Toba adalah danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi besar-besaran lebih dari 70.000 tahun yang lalu. Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia dan menjadi salah satu tujuan wisata utama Sumatera Utara. 

Banyak sekali aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan saat menjelajahi Danau Toba seperti melakukan kayak di sekitar danau, trekking ke puncak Gunung Pusuk Buhit, menyewa sepeda motor untuk menjelajahi Pulau Samosir, belajar tentang Budaya Batak, dll.




Baca Juga:
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Wisata