Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Fanpage Bisnis di Facebook Menggunakan HP

foto by pixabay

Ana Bintang - Fanpage merupakan sebuah halaman yang tersedia di Facebook, anda dapat membuatnya untuk membantu bisnis serta mengembangkan sebuah website pribadi. Fanpage sangat memiliki peran penting untuk mendorong dunia digital marketing.

Manfaatkan halaman facebook sebagai pendongkrak bisnis anda. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk kemajuan usaha serta mudah dikenalnya brand milik anda sendiri. Selain itu dapat memaksimalkan pendapatan yang kini telah menurun akibat pandemi covid 19.

Apakah anda berpikir untuk membuat fanpage bisnis dengan mengenalkan toko online anda? apa anda juga ingin usaha lebih dikenal banyak orang? Atau anda ingin mendapatkan customer yang benar-benar membutuhkan produk yang anda tawarkan?

Sebelum keinginan anda terwujud mempunya fanpage sendiri di facebook, alangkah baiknya mengetahu manfaat apa saja yang akan anda dapatkan ketika memiliki halaman tersebut.

Manfaat Fanpage Facebook

1. Fanpage Mudah Terindex Google

Manfaat yang besar bagi fanpage bisnis facebook yaitu dapat muncul di pencarian google. Hal ini mampu memudahkan para customer untuk menemukan toko online anda. Pastikan segala informasi usaha anda jelas dan mudah dimengerti oleh pengunjung.

2. Menambah Trafik Website

Website pribadi yang anda gunakan sebagai bahan promosi produk brand sendiri, mampu meningkatkan jumlah trafik ketika dicantumkan di fanpage. Ada baiknya promosi dibarengi dengan konten yang menarik pengunjung untuk berlama-lama di website tersebut.

3. Fanpage Bisnis untuk Iklan

Anda dapat menjangkau pengunjung halaman dengan menggunakan iklan. Promosi produk dengan iklan, otomatis customer akan melirik brand anda. Asalkan foto atau vidio produk anda diposting secara menarik, pastikan bahasa yang digunakan lebih persuasif.

4. Admin Fanpage Lebih dari Satu

Fanpage dapat dikelola secara tim atau bersama sesuai dengan posisinya seperti admin, moderator, editor dan sebagainya. Masing-masing orang akan lebih leluasa mengelolah fanpage apabila semakin tinggi posisinya.

5. Insight

Adanya insight untuk mengetahui interaksi teman yang ada di fanpage anda. Dapat diketahui audiens yang telah dijankau selama seminggu di setiap postingan, pengguna yang aktif sampai dengan demografi audiens.

Jadi setiap postingan pastikan gambar dan teksnya begitu menarik audiens. Semakin bagus produk dengan konten yang anda posting, pasti semakin interaktif audiens fanpage anda.

6. Menjangkau Konsumen

Fanpage memberikan kemudahan usaha anda dalam menjangkau banyak calon pembeli. Dengan banyaknya pengguna facebook, sungguh sangat disayangkan apabila anda tidak memanfaatkan pemasaran secara online produk milik sendiri.

Apalagi setelah mencantumkan alamat, tentu dapat menjangkau konsumen yang dekat dengan lokasi anda. Tak hanya itu, setelah fanpage bisnis muncul di pencarian google pasti akan lebih banyak pengunjung yang ingin mengetahui bisnis anda.

7. Teman Tak Terbatas

Sungguh berbeda dengan facebook pribadi, fanpage tidak memberikan batasan teman yang dapat anda undang. Tentu hal ini anda bisa mendapatkan banyak audiens untuk menyukai fanpage dan mengetahui promosi-promosi yang telah ada di postingan.

Cara Membuat Fanpage di Facebook

Untuk membuat fanpage sebenarnya cukup sederhana, kita tinggal mengikuti alurnya melengkapi bagian yang harus diisi. Mari simak langkah-langkah membuat fanpage di facebook menggunakan android berikut ini.

1. Silahkan login ke akun facebook anda di HP, mau akun pribadi ataupun akun khusus.
2. Pergi ke profil atau tanda garis 3 karena ada banyak menu, klik menu halaman.


3. Pada halaman anda klik buat karena kita akan memulai membuat halaman baru.
4. Selanjutnya silahkan klik mulai.

5. Bagian ini anda diminta untuk mengisi nama halaman sesuai tujuan bisnis. Misalnya kami ingin menjual hijab, kemudian nama halaman kami yaitu hijab syar’i. Nama halaman anda harus berupa nama bisnis, merek pribadi atau organisasi. Halaman juga bisa diubah kembali.

6. Anda harus mengisi kategori yang sesuai dengan halaman ini. Pilih kategori yang tepat seperti kategori fashion wanita, belanja & ritel, dan blog pribadi. Dengan adanya kategori dapat membantu orang lain menemukan halaman anda.

7. Apakah anda ingin menambahkan alamat? Hal tersebut dapat membantu orang lain dalam menemukan halaman dan lokasi anda. Jika tidak ingin menambahkan alamat silahkan checklist keterangan di bawah.

8. Jika anda memiliki situs web khusus hijab syar’i (contoh fanpage), silahkan cantumkan website agar lebih profesional. Jika tidak punya website, silahkan checklist keterangan di bawah.

9. Tambahkan foto profil dan sampul sesuai dengan fanpage anda. Misalnya kami dengan fanpage hijab syar’i menambahkan profil wanita dengan hijab yang indah, sampul yang kami gunakan yaitu susunan hijab dengan berbagai macam warna. Gunakanlah gambar yang menunjukkan tentang halaman anda seperti logo dan sebagainya.

10. Selanjutnya anda diminta untuk mengundang teman agar menyukai halaman yang telah dibuat.

11. Untuk lebih memudahkan calon pembeli menghubungi anda, silahkan hubungkan Whatsapp anda ke Facebook.

12. Buatlah postingan sambutan. Sambutlah pengunjung dengan foto, vidio ataupun tulisan. 

13. Anda juga bisa menambahkan tombol tindakan untuk pengunjung seperti gambar di bawah ini.


14. Lengkapi lebih banyak informasi ke halaman anda seperti tambahkan situs web, deskripsi, kontak, tombol tindakan, lokasi, jam kerja dan yang lainnya.

15. Agar halaman mudah ditemukan oleh orang-orang, anda dapat menambahkan username atau nama pengguna.


Artikel Menarik Lainnya :


Cara Menghubungkan fanpage facebook dengan akun instagram

  1. Klik tanda garis 3 di kanan atas facebook.
  2. Klik halaman atau nomor halaman anda.
  3. Bukalah halaman anda.
  4. Klik pengaturan.
  5. Klik instagram.
  6. Klik hubungkan akun, kemudian ikuti prompt untuk menghubungkan halaman facebook.

Cara Menghubungkan fanpage facebook dengan akun whatsapp

  1. Klik tanda garis 3 di kanan atas facebook.
  2. Klik halaman atau nomor halaman anda.
  3. Bukalah halaman anda.
  4. Klik pengaturan.
  5. Klik whatsapp.
  6. Klik lanjutkan.
  7. Masukkan nomor whatsapp business, kemudian klik kirim kode.
  8. Ikutilah petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan penghubungan akun whatsapp.

Aktifkan sinkronisasi

  1. Klik tanda garis 3 di kanan atas facebook.
  2. Klik halaman atau nomor halaman anda.
  3. Bukalah halaman anda.
  4. Klik pengaturan.
  5. Klik whatsapp.
  6. Klik sinkronisasi info
  7. Klik lanjutkan.
  8. Tinjau informasi yang anda berikan, kemudian klik konfirmasikan dan sinkronkan.

Pembuatan fanpage bisnis anda sudah berhasil. Tinggal memaksimalkan postingan promosi menggunakan konten yang menarik. Gunakan iklan di facebook sebagai strategi marketing anda dalam menggaet customer.

Itulah pembahasan mengenai manfaat fanpage di facebook dan cara membuat fanpage di facebook hanya dengan HP atau android. Cukup mudah dan sederhana bukan? langsung saja membuat fanpage bisnis sendiri untuk mengenalkan brand atau produk anda ke khalayak yang ada di fecebook. Selamat mencoba dan sukses!


Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.