Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menanggulangi Saluran Mampet

Cara Menanggulangi Saluran Mampet - Kamu mungkin pernah ketika sedang mandi atau menggunakan air untuk mencuci dan sebagainya, tiba-tiba saluran air mampet. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang tersangkut, sampah sabun mandi atau rambut rontok yang menumpuk. Banyak hal sebenarnya yang bisa menyumbat saluran air tapi yang sering terjadi biasanya seperti contoh sebab yang sudah disebutkan tadi.

Apabila kamu mengalami hal tersebut, cobalah beberapa solusi yang kami berikan dalam artikel ini. Kamu bisa memperbaiki sendiri atau meminta tolong orang lain untuk melakukannya. Memang hal ini sedikit menyebalkan, apalagi terjadi saat sedang mandi. Pasti air akan menggenang dan bingung bagaimana mengatasinya. Jangan khawatir, ini dia solusinya yaitu cara menanggulangi saluran mampet sebagai berikut.

Cara Menanggulangi Saluran Mampet

Pada saat kamu mengetahui saluran air tersebut mampet. Selanjutnya kamu harus membuka penutup selokan terlebih dahulu. Ambillah senter untuk melihat lebih jelas permasalahan yang terjadi didalamnya. Setelah mengetahui atau terlihat ada benda atau apapun itu, barulah kamu bisa mengambil tindakan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Gunakan Kawat

Biasanya orang-orang lebih suka menggunakan kawat panjang ketika saluran airnya tersumbat. Jika kotoran yang menyumbat cukup ringan, bisa  diatasi dengan kawat panjang untuk mendorong kotoran tersebut.

Pastikan kamu sabar dan telaten melakukannya agar kotoran bisa terdorong dan tidak menyumbat saluran berikutnya. Setelah itu, silahkan kamu siram dengan air untuk memastikan kotoran sudah bersih dan hilang. 

2. Gunakan Soda Api

Soda api biasanya sangat berguna dan menolong saluran kamu yang mampet. Ini dia cara menanggulangi saluran mampet menggunakan soda api.

  • Air panas
  • Pastikan kamu memakai pelindung muka dan tangan
  • Silahkan tuang soda api ke saluran yang tersumbat
  • Selanjutnya perlahan beri air panas
  • Lakukanlah secara rutin dan sabar sampai saluran kembali seperti semula
  • Setelah semua proses selesai tunggu beberapa jam untuk menyiram air seperti biasa
3. Alat penghisap

Jika kamu punya alat penghisap langsung saja digunakan untuk memperbaiki saluran mampetnya. Langkah yang pertama kamu bisa memastikan area sekitar saluran terendam air. Kemudian tempelkan alat penghisap di saluran. Pastikan alat menempel dengan baik. Berikan gerakan naik turun untuk menyedot kotoran. Setelah dirasa mendapat benda asing, silahkan bersihkan alat. Kemudian siram saluran untuk memastikan lancar atau masih ada kotoran disana.

4. Soda Kue

Soda kue juga bisa mengatasi masalahmu. Mari coba menggunakan cara berikut ini.

  • Tuangkan segelas soda kue ke dalam saluran yang mampet.
  • Berikan 2 gelas air mendidih dan menunggu beberapa menit
  • Tambah lagi segelas soda kue dengan segelas cuka
  • Tutuplah saluran agar bereaksi dengan baik
  • Siram dengan air panas setelah buih sudah menghilang

5. Pembersih Bahan Kimia

Ini salah satu cara yang cukup mudah juga untuk dilakukan. Kamu bisa membeli pembersih ini di minimarket atau warung. Pembersih ini berbahan kimia yang keras dan harus berhati-hati. Pembersih berguna untuk membersihkan kotoran yang susah dibersihkan dengan cara biasa

Kamu bisa melakukannya dengan cara menuangkan pembersigh bahan kimia ke saluran air yang mampet. Selain itu juga kamu mengambil alat untuk membantu pembersihan saluran. Agar semua bekerja dengan baik dan kotoran bisa mudah diatasi secara bersamaan. Efek lain juga saluran menjadi bersih dari lemak-lemak yang menempel didalamnya.

Itulah cara menanggulangi saluran mampet. Kamu dapat mencegah permasalahan yang ada dengan cara sering membersihkan saluran air. Tak hanya itu saja, kamu harus menyediakan tempat khusus sampah agar tidak terhanyut ke saluran. Ada hal yang paling penting yaitu menutup saluran air dengan penyaring agar benda-benda yang berpotensi menyumbat terhenti disana. Semoga bermanfaat sobat!


Baca Juga :
Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.