Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis dari Pemerintah, Begini Syarat dan Pendaftarannya


beritasatu


Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis dari Pemerintah - Pemerintah akan membagikan set top box atau STB TV digital gratis kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Set top box gratis akan dibagikan kepada masyarakat tanpa perlu mendaftar.

Set top box TV digital gratis ini digunakan untuk menangkap sinyal digital sehingga pengguna TV analog dapat menikmati siaran TV digital di rumah. Hal ini sejalan dengan penghentian TV analog dan pengalihan TV digital yang sedang gencar digalakkan pemerintah.

Masyarakat akan mendapatkan gratis set top box digital atau STB TV bagi yang memenuhi persyaratan. Cukup siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga. Anda dapat menerima Set top box gratis.

Jadi tidak perlu membeli TV baru bagi pengguna TV analog untuk dapat menikmati siaran TV digital. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membagikan STB secara gratis kepada masyarakat miskin.


STB Gratis untuk Rumah Tangga Miskin?

Ada 6,7 juta keluarga miskin yang akan menerima subsidi set top box, disingkat STB, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang akan diberikan secara cuma-cuma. Berdasarkan pasal 85 PPTPPostelsiar, STB gratis hanya diberikan kepada rumah tangga miskin yang masih menggunakan televisi analog.

  • Masuk kelompok rumah tangga miskin
  • Menggunakan pesawat televisi lama yang hanya bisa menerima siaran analog


Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis

Cara mendaftar untuk mendapatkan set top box atau STB gratis dari pemerintah:

1. Harus masuk dalam DTKS Kemensos, minimal dalam satu keluarga mempunyai satu unit TV analog. Kominfo mengimbau masyarakat untuk mengecek data DTKS. Bagi yang berminat mendapatkan STB gratis, agar kita bisa menyiapkan nomor induk kependudukan atau NIK e-KTP dan kartu keluarga atau KK dan mendaftar secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

2. Daftar bansos online dengan mendownload aplikasi Cek Bansos di aplikasi playstore. Pada aplikasi Cek Bansos, Anda bisa memilih menu daftar proposal. Pada menu proposal, Anda dapat mendaftar nama-nama yang terdaftar di DTKS Kemensos. Jika sudah divalidasi, Anda dapat memilih jenis bansos yang akan diajukan. Salah satunya adalah menghadirkan alat STB gratis.



Syarat Mendapatkan Set Top Box Gratis

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh komunitas untuk mendapatkan set top box ini antara lain:

1. Warga Negara Indonesia (harus dibuktikan dengan KTP) dan tergolong rumah tangga miskin dan memiliki televisi (KK sebagai pelengkap)

2. Wajib tercatat dalam DTKS Kemensos atau data perangkat daerah di bidang sosial

3. Lokasi penerima harus berada dalam cakupan yang disediakan oleh ASO

Saat menyerahkan set top box dari petugas, akan muncul barcode atau kode QR di layar televisi. Kemudian petugas akan mengakses QR code melalui aplikasi WhatsApp dan memasukkan nama, NIK/KK, alamat, serta mengambil foto penerima bantuan dan KTP.



Kelebihan Menggunakan Siaran TV Digital

Siaran TV digital terestrial adalah siaran yang menggunakan frekuensi radio VHF-UHF maupun siaran analog. Namun dengan format konten digital. Dengan menggunakan siaran TV digital ini, banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dibandingkan siaran TV analog. Berikut beberapa kelebihan siaran TV digital yang perlu Anda ketahui:

  1. Kualitas gambar lebih jernih dan nyaman untuk ditonton. Tidak ada tampilan buram seperti TV analog.
  2. TV digital dapat menerima siaran TV dengan kondisi bergerak. Sementara TV analog biasanya membuat gambar dengan bayangan di layar saat menangkap TV yang bergerak.
  3. TV digital mampu meredam efek noise dengan lebih baik. Jadi, tidak hanya tampilan gambar yang lebih jernih, namun juga suara yang lebih baik dan jernih.
  4. TV digital bisa menangkap dan menampung banyak siaran dalam satu paket. Hal ini dikarenakan penggunaan bandwidth TV digital tidak sebesar TV analog. Jadi, Anda bisa menonton dan menikmati berbagai tayangan dari berbagai channel.



Baca Juga:
Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.