Cara Daftar ShopeeFood Merchant Lewat Aplikasi Shopee Partner




ShopeeFood adalah layanan pesan antar makanan antara pembeli dan Merchant, fitur ini tergolong baru dan terdapat berbagai macam voucher diskon di dalamnya.

ShopeeFood menawarkan beberapa metode pembayaran yakni ShopeePay dan COD atau Cash On Delivery. Apabila Anda mengingingkan klaim voucher digunakan, pilih metode pembayaran ShopeePay.

Dengan adanya fitur ShopeeFood tentu memberikan kemudahan bagi pembeli dan penjual dengan perantara kurir. Pembeli lebih cepat dan tidak memerlukan waktu lama untuk membeli makanan cepat saji. Penjual tentu lebih bisa memajukan usahanya.

Jika Anda tertarik dengan fitur ShopeeFood ini, pemilik usaha pribadi atau berbadan hukum bisa sekali megajukan tempat usahanya di sini.

Ada beberapa hal yang harus dijadikan catatan, sebelum mendaftar ShopeeFood dilansir dari halaman Shopee seperti di bawah ini.

  1. Anda menggunakan KTP asli sudah terdaftar di Dukcapil. Diharapkan KTP tidak mengalami kerusakan dan bukan hasil fotokopi.
  2. Pastikan identitas KTP sesuai atau benar. Apabila tidak sesuai bisa melakukan pembaruan di kantor Dukcapil.
  3. Gunakan nomor HP yang aktif. Nomor tersebut belum terdaftar sebagai Merchant ShopeePay atau ShopeeFood sebelumnya. Begitu juga email yang digunakan.
  4. Pendaftaran ShopeeFood di aplikasi Shopee Partner tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Cara Daftar ShopeeFood Melalui Aplikasi Shopee Partner

Bagi pemilik usaha atau restoran, warung dan sebagainya. Pasti ingin sekali usaha kita lebih dikenal dan dicapai pembeli dengan mudah. Anda bisa mendaftarkan usaha kuliner di ShopeeFood.

Biasanya untuk menjadi Merchant harus mendaftar melalui google form. Kini Anda bisa mendaftar secara lebih mudah melalui aplikasi Shopee Partner. Untuk yang ingin lebih jelas tutorialnya dapat memahami langkah-langkah di bawah ini.

1. Anda harus mendownload aplikasi Shopee partner di Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi Shopee Partner. Mulai dengan klik pada Login atau Daftar dengan SMS.

3. Anda diminta untuk memasukkan nomor Handphone. Lalu klik Berikutnya.

4. Masukkan kode untuk melanjutkan. Lalu klik Ok.

5. Tak lama kemudian akan menerima kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui SMS. Input kodenya di Aplikasi Shopee Partner. Lalu klik Berikutnya. Setelah itu Anda bisa klik Ok untuk konfirmasi akun shopee.

6. Anda Login di akun shopee. Klik Lanjutkan.

7. Ada yang harus Anda siapkan bagi jenis usaha perorangan atau berbadan hukum, sesuai yang dilansir dari halaman shopee sebagai berikut.

• Bagi usaha perorangan : siapkan Logo Banner Usaha, foto buku tabungan, KTP atau KITAS serta NPWPD. Selain itu, Anda harus mengisi informasi pribadi, bisnis serta toko yang dibutuhkan. Untuk Anda yang ingin mendaftarkan Usaha pribadi bisa langsung klik Mulai Aktivasi

• Bagi usaha berbadan hukum : siapkan NPWP, Akta Pendirian, KTP atau KITAS, surat keterangan domisili apabila lokasinya di luar Jakarta, NPWPD, SIUP atau TDUP, TDP atau NIB dan foto buku tabungan. Klik link formulir yang terdapat di aplikasi shopee partner

8. Selanjutnya Anda harus mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan, langsung saja klik Mulai.

1) Upload foto kartu identitas KTP ataupun SIM. Ambil foto identitas secara langsung. Jangan sampai buram, terpotong atau tidak jelas karena akan mempengaruhi proses verifikasi. Data KTP yang sudah difoto akan secara otomatis muncul. Gulir ke bawah untuk melengkapi identitas Anda

Unggah dokumen pendukung bila perlu. Anda bisa menggunggah SIM atau paspor untuk melengkapi identitas lain. Setelah mengisi semuanya, Anda bisa klik Lanjutkan

2) Kemudian Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah. Klik pada Mulai Verifikasi Wajah. Gunakan Wajah Asli dalam pemeriksaan wajah. Apabila pengambilan foto gagal, Anda bisa klik Coba Lagi. Klik Ambil Foto Diri untuk mengunggah foto diri dengan KTP. Harap ikuti intruksi untuk pengambilan foto. Setelah verifikasi wajah berhasil, anda langsung klik Lanjutkan

3) Lengkapi informasi Merchant diantaranya nomor handphone, email, kategori Merchant pilih FnB serta pilih kategori yang sesuai dengan apa yang Anda sajikan serta rata-rata pendapatan tahunan. Klik Lanjutkan untuk tahap berikutnya

4) Lengkapi informasi berkaitan dengan Informasi Toko seperti Nama Toko beserta tempatnya, Nama Pendek Toko, Alamat Toko, Alamat Lengkap Resto Anda, Rincian Lainnya supaya lebih jelas untuk menemukan lokasi Toko Anda dan Cari titik lokasi Resto Anda yang paling akurat usahakan zoom google maps serta paskan pada titik tempat usaha. Setelah itu klik Konfirmasi, lalu klik Simpan.

Selanjutnya gulir ke bawah untuk mengisi informasi toko berikutnya. Pilih Yes apabila memiliki NMID atau kode QR Merchant. Anda harus mengunggah foto toko. Setelah itu bisa klik Lanjutkan

5) Lengkapi informasi rekening bank seperti Nama Bank, Nomor Rekening, Nama Pemegang Rekening Bank. Lalu klik Lanjutkan

6) Pilihlah layanan ShopeePay dan ShopeeFood. Centang keduanya, setelah centang ShopeeFood silahkan isi rincian informasi layanan di bawahnya. Pada rincian ShopeeFood, Anda harus melengkapi beberapa hal seperti apakah restoran memiliki PB1 atau bayar pajak pemerintah? Jika tidak bisa pilih No. Apabila Yes, silahkan unggah foto NPWP.

Unggah juga Logo restoran dengan format JPG/JPEG/PNG rasio gambar 1:1 sekitar 10mb. Selanjutnya bisa unggah foto banner restoran dengan format JPG/JPEG/PNG rasio gambar 2:1 sekitar 10mb. Setelah itu klik Simpan serta klik Kirim

9. Permintaan aktivasi ShopeeFood Anda sudah berhasil diajukan. Tunggu proses peninjauan sekitar 1 hingga 5 hari kerja.

10. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi email dari pihak Shopee. Cek secara berkala.

Itulah beberapa informasi singkat dan tutorial bagaimana cara Mendaftar ShopeeFood Merchant melalui aplikasi Shopee Partner. Bagi Anda yang usahanya sudah terdaftar di GrabFood, GoFood dan lainnya, silahkan menambah penghasilan melalui ShopeeFood.

Semoga segala usaha dan doa Anda dipermudah serta dikabulkan oleh yang maha kuasa. Semangat pengusaha mencari nafkah atau sekedar mengasah kemampuan dalam perdagangan, jangan berhenti berusaha dan jangan putus asa. Selamat mencoba sobat blogger!

Sumber tutorial dari channel youtube Santi Maesyaroh. Apabila Anda kurang jelas dan mengerti, bisa tonton vidio youtube beliau secara langsung yah...



Baca Juga:
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Marketplace