Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Tempat Wisata Di Surabaya Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi


sumber gambar : surabayaterkini


Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang terkenal memiliki begitu banyak tempat wisata sejarah. Kota Pahlawan juga menawarkan berbagai pilihan wisata religi, wisata belanja, dan juga taman indah yang wajib dikunjungi.

Surabaya dikenal sebagai salah satu kota terpenting di Indonesia setelah Jakarta. Kota terbesar di Jawa Timur ini memiliki sejarah panjang dalam perjuangan kemerdekaan bangsa. Kini Surabaya juga menjadi kota industri yang maju, dengan segala sarana dan prasarana di dalamnya. 

Panas dan padat, mungkin itu jawaban sebagian orang ketika ditanya tentang Surabaya. Ya, dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa, kota ini tak kalah padatnya dengan Jakarta. Namun, semua itu tetap tidak bisa menghilangkan semua pesona Surabaya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. 

Berkunjung ke Surabaya selalu terasa istimewa, dengan keragaman tempat wisata yang ditawarkan, membuat banyak pelancong menjadikan Kota Pahlawan ini sebagai tujuan liburan. 

Tidak hanya banyak tempat wisata dengan nilai sejarah yang tinggi, Surabaya juga masih memiliki beberapa tempat wisata yang menarik seperti wisata budaya, wisata alam, wisata religi dan wisata belanja.


Apa Saja Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik?

1. Monumen Pahlawan

Salah satu ikon kota Surabaya yang sangat terkenal, dan sangat kurang jika tidak mengunjungi monumen ini. Tugu Pahlawan adalah sebuah tugu dengan ketinggian sekitar 41 meter yang bentuknya seperti paku terbalik. 

Monumen ini dibangun untuk mengenang kegigihan masyarakat Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Wisatawan bisa berfoto, dan berkeliling menikmati monumen megah tersebut. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tugu Pahlawan adalah pada hari Minggu pagi, sambil jalan-jalan bersama keluarga menikmati udara segar.


2. Rumah Sampoerna

Tempat wisata ini merupakan museum yang didirikan oleh perusahaan rokok ternama Sampoerna. Di museum ini, wisatawan bisa mendapatkan berbagai informasi tentang sejarah berdirinya pabrik rokok Sampoerna yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. 

Ada juga perjalanan dari waktu ke waktu tentang perusahaan sehingga masih eksis sampai sekarang. Uniknya, di dalam museum, wisatawan bisa melihat langsung proses pembuatan rokok secara manual. House of Sampoerna juga menyediakan toko suvenir dan kafe yang bisa dikunjungi wisatawan.


3. Kebun Binatang Surabaya

Berdiri sejak masa pemerintahan Belanda, Kebun Binatang Surabaya menjadi salah satu kebun binatang terpopuler dan menjadi tempat liburan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Di dalamnya terdapat lebih dari 350 spesies hewan, dan tidak kurang dari 2.800 jenis hewan. Kebun binatang ini didirikan pada tanggal 31 Agustus 1916, dan telah beberapa kali berpindah lokasi.


4. Taman Bungkul

Ini adalah salah satu taman terbaik dari banyak taman di Surabaya. Awalnya, taman seluas 900 meter persegi itu hanya tempat wisata religi. Nama Bungkul sendiri diambil dari nama Sunan Bungkul yang makamnya berada tepat di belakang taman. 

Kini Taman Bungkul telah direnovasi, dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti wifi zone, skateboard dan bmx track, air mancur, jogging track, dan juga panggung. Setiap malam, taman ini tidak pernah sepi dari hiruk pikuk anak muda menikmati keindahan kota Surabaya.


5. Taman Air Ciputra

Surabaya juga memiliki tempat wisata air yang tak kalah megah, seperti Ciputra Waterpark. Permainan air ini diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara. Dengan luas hingga 4 hektar, wisatawan akan dipuaskan dengan rangkaian lengkap permainan air untuk anak-anak hingga dewasa. 

Konsep Timur Tengah membuat waterpark ini sangat unik dengan kubah dan istananya. Tempat wisata ini pun buka hingga malam hari, sehingga wisatawan pun akan disuguhkan dengan gemerlap lampu yang indah.


6. Pura Sanggar Agung

Jika pada umumnya klenteng berada di tengah kota atau pemukiman penduduk, berbeda dengan Pura Sanggar Agung. Klenteng ini terletak di pinggir pantai sehingga menawarkan panorama yang berbeda, dibalik kemegahan klenteng tersebut. 

Di klenteng ini Anda bisa menemukan patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter. Konon dipercaya di tempat ini pernah muncul sosok Dewi Kwan Im yang mengenakan pakaian putih dan berjalan di atas air.


7. De Mata Trick Eye Museum Surabaya

Jika Anda suka berfoto dan bersenang-senang, De Mata Trick Eye Museum Surabaya patut menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Di dalam museum ini, wisatawan akan menemukan ratusan objek 3D yang terlihat nyata dan hidup. 

Anda tinggal memilih objek mana yang ingin dijadikan background foto. Jika Anda kesulitan mengambil foto, jangan khawatir, ada petugas yang secara sukarela membantu Anda memotret. Jadi siapkan baterai kamera, dan tenaga saat mengunjungi museum ini.


8. Jembatan Merah

Jembatan yang memiliki cerita sejarah tentang pertempuran 10 November Surabaya ini juga menjadi destinasi wajib bagi para traveler. Sejak zaman Belanda, kawasan Jembatan Merah dikenal sebagai pusat perdagangan yang vital. 

Kini, Jembatan Merah kerap dijadikan tempat favorit untuk foto prewedding. Apalagi di sekitar jembatan juga banyak terdapat bangunan tua Belanda, sehingga menambah kesan klasik.






Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.