Cara Membayar Tagihan dan Menggunakan Gojek Paylater, Pinjaman Mudah Setiap Bulannya

Hadirnya dompet digital sangatlah memengaruhi proses transaksi masyarakat. Pada awalnya melakukan belanja sampai dengan membayar tagihan secara langsung. Kini hanya dengan kecanggihan e-wallet semua bisa dilakukan tanpa bertatap muka.

Salah satu yang unik dari dompet digital, benar menggunakan uang digital yang telah diisi dalam bentuk saldo, contohnya seperti GoPay pada aplikasi Gojek. Masyarakat membeli apa saja dan kapan saja lebih mudah.

Setelah GoPay menjadi metode pembayaran dompet digital Gojek yang terkenal sebagai pesan-antar makanan dengan driver. Kini sudah memperbarui atau menghadirkan fitur pembayaran terbaru dengan sistem pinjaman yaitu Gojek Paylater.

Lantas apa bedanya GoPay dan Gojek Paylater? GoPay adalah salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan dalam transaksi di aplikasi Gojek. Cara mengisi GoPay cukup mudah bisa Top Up melalui Driver, minta ke teman, M-Banking, Internet Banking dan sebagainya.

Gojek Paylater adalah salah satu metode pembayaran dengan sistem pascabayar di akhir bulan, anda dapat menggunakannya sesuai limit yang tersedia dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun di aplikasi Gojek.

Setelah menggunakannya anda harus membayar tagihan GoPaylater menggunakan GoPay. Perlu diketahui Gojek Paylater merupakan hasil kerja sama Findaya dengan Gojek di atas pengawasan dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sebelum anda mengetahui panduan menggunakan Gojek Paylater, alangkah baiknya anda membaca artikel sebelumnya yaitu Cara Mengaktifkan Gojek Paylater dan beberapa informasi sedikit mengenai GoPaylater. Supaya anda dapat pandangan terkait lebih enak menggunakan GoPay atau Gojek Paylater.


Cara Menggunakan Gojek Paylater

Anda harus melakukan transaksi terlebih dahulu untuk menggunakan GoPaylater sebagai metode pembayarannya. Baik akan kami berikan satu contoh, misalnya melakukan pembelian makanan di Go-Food dan bayar dengan Gojek Paylater, simak cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi Gojek anda dan klik fitur Go-Food.
  2. Pilih makanan yang ingin anda pesan.
  3. Setelah itu klik daftar pesanan di bawah yang berwarna hijau untuk melakukan pembayaran.
  4. Anda harus merubah metode pembayaran dengan “klik titik tiga” di bagian bawah total pembayaran.
  5. Silahkan aktifkan dengan klik metode pembayaran Paylater Akhir Bulan.
  6. Geser bagian warna hijau untuk memesan.
  7. Anda diminta untuk memasukkan PIN Gojek.
  8. Pembayaran dan transaksi berhasil.


Cara Membayar Tagihan Gojek Paylater

Anda hanya perlu membayar sekali saja pada akhir bulan. sebelumnya anda harus mengisi GoPay untuk membayar tagihan Gojek Paylater. Cara melunasi GoPaylater juga cukup mudah, ikuti panduan berikut ini.

  1. Buka aplikasi Gojek anda, lalu klik GoPay dan pilih Paylater.
  2. Pada bagian kedua anda diperlihatkan total tagihan anda, selanjutnya klik “Bayar”.
  3. Pada halaman berikutnya anda lihat rincian dari keseluruhan yang harus anda lunasi, kemudian klik “Bayar Tagihan” di bawah.
  4. Masukkan PIN Gojek terlabih dahulu.
  5. Tagihan Gojek Paylater berhasil.


Tidak Dapat Membayar Gojek Paylater?

Mungkin anda mendapatkan kendala yang belum diketahui sebelumnya, anda juga bingung mengapa tidak dapat melunasi Gojek Paylater. Tentu ada beberapa alasan yang membuat anda tidak dapat membayar tagihan tersebut, ketahui beberapa alasan berikut ini.


1. Tidak dapat Top Up GoPay

Anda mungkin memiliki kendala untuk melakukan isi saldo GoPay. Pastikan langkah-langkahnya sudah benar apabila mengisi menggunakan Bank BCA. 

Selain itu, anda juga bisa menggunakan metode lainnya seperti Top Up melalui Driver Gojek, ATM, Mobile Banking atau aplikasi lainnya, Gerai terdekat, Pegadaian, Agen Bank, Minta ke keluarga atau teman, Internet Banking dan Kantor Cabang.


2. Nomor HP Tidak Aktif atau HP Hilang

Hal tersebut bisa saja menghambat anda untuk melakukan pelunasan GoPaylater karena tidak dapat masuk ke akun Gojek. Jangan khawatir anda masih bisa membayar tagihan dengan nomor baru. 

Silahkan buat akun baru terlebih dahulu, kemudian laporkan masalahmu pada fitur bantuan di aplikasi Gojek. Pihak Gojek akan mengubah nomor yang terdapat Paylaternya dengan nomor baru anda. Setelah semua selesai, anda sudah bisa mengakses aplikasi Gojek dan melakukan pelunasan tagihan. 


3. Top Up GoPay Belum Masuk

Terkadang terjadi masalah ketika mengisi saldo GoPay, namun belum masuk ke akun anda. Tidak perlu khawatir, semua akan terbaca di sistem Gojek. Solusi yang baik anda harus melaporkan masalah tersebut melalui fitur bantuan.

Langkah yang harus anda lakukan ketika saldo belum masuk seperti berikut ini.

  • Nomor yang anda gunakan masih aktif
  • Cek bukti transfer, apakah nomor yang anda gunakan terdaftar di akun Gojek
  • Silahkan cek jumlah Top Up yang anda lakukan, pastikan jumlahnya tidak melebihi batas maksimum isi saldo yang sudah ditentukan
  • Cek kemungkinan isi saldo sudah berhasil dan tidak tercatat dalam riwayat GoPay.

Apabila semua sudah anda cek serta saldo Bank yang digunakan untuk Top Up sudah terpotong dan belum masuk di akun Gojek, anda hanya perlu menunggu selama 2x24 jam. 

Proses menunggu pada hari kerja kecuali weekend serta hari libur nasional. Pastikan anda sudah melaporkannya melalui fitur bantuan yang tersedia.


4. Ada Kesalahan Teknis

Apabila anda memiliki kendala saat melakukan pembayaran GoPaylater, langsung saja laporkan terhadap pihak Gojek. Bagaimana caranya? Dengan cara mengirim form seperti di bawah ini.


5. Gojek Paylater Dibekukan

Walaupun akun GoPaylater anda telah dibekukan, anda masih bisa membayar tagihannya seperti biasa di halaman GoPaylater. Lantas apa sebab fitur Gojek Paylater anda dibekukan?

  • Kemungkinan anda belum perbarui akun profil, hal itu merupakan syarat dari OJK. Silahkan isi form yang sudah disediakan agar Gojek Paylater dapat anda gunakan kembali
  • Terlambatnya pelunasan tagihan GoPaylater juga membuat fitur anda dibekukan sampai waktu yang tak dapat ditentukan. Selain itu tagihan juga akan dihapuskan bila terjadi keterlambatan dari hari yang sudah ditentukan. Setelah itu akan dilaporkan ke (FDC) Fintech Data Centre. Lambatnya pembayaran juga berpengaruh pada pengajuan pinjaman di luar aplikasi Gojek.
  • Alasan lain dari dibekukannya fitur GoPaylater anda kemungkinan karena aktivitas akun. Review secara berkala yang dilakukan. Gojek terhadap akun anda bisa saja membuat dinonaktifkan. Jangan khawatir anda masih bisa mendapat GoPaylater dengan meningkatka transaksi di aplikasi Gojek.

Demikian pembahasan mengenai Gojek Paylater mulai dari cara menggunakannya sampai dengan cara melakukan pelunasan tagihan. Apabila terdapat kendala bisa langsung melaporkan kepada pihak Gojek melalui fitur bantuan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Baca Juga :

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Dompet Digital