Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Melakukan Aktivasi Ulang Mobile Banking BNI di HP Baru

Ana Bintang - Mobile Banking sering kali menjadi alternatif masyarakat saat ingin melakukan transaksi tanpa harus pergi ke Bank ataupun ATM. Adanya layanan ini memang sangat membantu, transfer dan melakukan pembayaran lainnya menjadi lebih mudah.

Terlalu sering menggunakan Mbanking terkadang membuat diri sendiri kerepotan ketika mengganti HP baru atau aplikasi Mbanking secara tidak sengaja terhapus. Mau tidak mau harus mengunduh ulang aplikasinya di Play Store.

Akan tetapi tahukah anda bagaimana cara aktivasi ulang BNI Mobile Banking? Mungkin saat aktivasi pertama anda dibantu oleh customer service untuk melakukan aktivasi, namun saat ini bisa langsung melakukannya sendiri dengan smartphone anda.

Apabila tidak mengetahui caranya, kami mencoba membantu anda dengan memberikan tahap-tahap melakukan aktivasi ulang secara langsung melalui HP, berikut ini syarat-syarat yang harus anda ketahui.

Syarat-syarat yang harus disiapkan untuk aktivasi ulang Mbanking BNI :

  • USER ID lama anda
  • Kartu ATM anda karena terdapat No Kartu Debit
  • Nomor HP yang terdaftar di Mobile Banking harus aktif
  • Nomor terdaftar harus memiliki pulsa

Cara Mudah Aktivasi Ulang Mbanking BNI di HP Baru

Aktivasi ulang Mbanking biasanya dilakukan karena anda mengganti HP yang baru atau aplikasi Mbanking sebelumnya terhapus. Jangan khawatir, kami akan memberikan langkah-langkah mudah melakukan aktivasi ulang Mbanking BNI dengan cara berikut ini.

1. Anda harus donwload terlebih dahulu aplikasi Mobile Banking BNI di Play Store. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan Android dan juga Iphone.

2. Buka aplikasi Mbanking BNI dan klik Login.

3. Ada sebuah syarat dan ketentuan, silahkan scroll ke bawah dan klik saya setuju.

4. Pada bagian pertama, anda harus mengisi beberapa hal Aktivasi ID di bawah ini.

  • User ID

Jika anda sudah melakukan registrasi Mobile Banking BNI di kantor cabang atau unit BNI, pasti anda sudah memiliki User ID. Silahkan isi dengan User ID lama anda

  • No. Kartu Debit

Anda sudah menyiapkan kartu ATM, silahkan masukkan nomor yang ada di kartu ATM anda ke dalam aktivasi ID bagian No kartu debit

  • Lokasi Negara

Isi lokasi negara anda sekarang misalnya Indonesia atau luar negeri.

  • Kode referral

Anda bisa mengisinya atau tidak. Jika ingin mengisinya bisa dengan nomor HP yang terdaftar. Jika tidak silahkan lewati bagian ini.

Sudah ada peringatan untuk menjaga kerahasiaan OTP dengan tidak memberitahu kepada siapapun termasuk petugas Bank. Setelah mengisi beberapa hal di atas, langsung saja klik YA, Kirim OTP.

5. Pada bagian kedua Aktivasi ID, anda diminta untuk mengirimkan SMS verifikasi untuk tujuan keamanan dengan mendapat kode OTP. Pastikan anda memiliki pulsa untuk mengirimkan SMS, biaya SMS sekitar Rp. 1.500. Apa yang harus dilakukan? Jika setelah mengirim SMS verifikasi Mobile Banking BNI, tapi tidak mendapat balasan kode OTP. 

Anda tidak perlu khawatir, cukup pergi ke pengaturan aplikasi dan menghapus data cache yang ada di aplikasi Mbanking BNI. Anda juga dapat melakukan aktivasi mulai dari bagian pertama lagi untuk mendapat kode OTP tersebut.

Ada lagi masalah yang terjadi setelah mendapat kode OTP Mbanking BNI, saat ingin memasukkan kodenya ke aplikasi, tiba-tiba kembali ke bagian pertama lagi. Bagaimana solusinya?

Begini caranya mudah sekali memasukkan kode OTP ke aplikasi Mbanking BNI. Ketika anda mendapat SMS kode OTP, jangan pernah klik tombol kembali pada ponsel seperti contoh gambar 1 di bawah ini. Sebaiknya anda klik tombol kembali pada pesan bagian kiri atas seperti gambar 2 berikut ini.


Gambar 1.
Gambar 2.
Setelah itu anda harus memasukkan kode OTP yang telah didapat melalui SMS. Jangan terburu-buru yang penting tidak salah memasukkan kodenya karena waktu yang diberikan cukup lama sekitar 5 menit.

6. Pada bagian ketiga Aktivasi ID, anda diminta mengisi beberapa hal berikut ini.

  • MPIN

Di sini anda diminta membuat MPIN baru, bukan yang lama. MPIN merupakan kombinasi 6 digit angka yang mudah anda ingat tentunya. Setelah itu, silahkan konfirmasi MPIN.

  • Password Transaksi

Password harus kombinasi huruf dan angka. Minimal 8 karakter dan maksimalnya 12 karakter. Setelah itu silahkan konfirmasi password transaksi.

Cek kembali atau kalau perlu catat agar tidak lupa ketika membuka aplikasi dengan MPIN dan melakukan transaksi yang harus mencantumkan Password Transaksi. Selanjutnya tinggal klik Simpan. Jika berhasil muncul status seperti di bawah ini.

Demikian cara melakukan aktivasi ulang sendiri BNI Mbanking di HP yang lainnya atau ketika aplikasi terhapus. Pahami setiap tahapnya agar dapat dilakukan dengan baik dan benar. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi pengguna Mbanking BNI. Selamat mencoba! 


Artikel Menarik Lainnya :

Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.