4 Masjid di Jawa Timur, Rekomendasi Wisata Religi Anda

Ana Bintang - Jawa timur mempunyai peran besar dan penting di dalam perkembangan islam di Indonesia. Wali songo sebagian besar menyebarkan ajaran islam di penjuru wilayah setempat. Nahdlatul Ulama salah satu organisasi islam terbesar yang ada di jawa timur Indonesia.

Bagi umat islam masjid adalah salah satu bangunan yang pasti ada di setiap daerah. Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat islam. Bahkan tak jarang masjid saat ini menjadi tempat untuk wisata religi bagi keluarga. Banyak sekali masjid yang berdiri kokoh dan megah dengan arsitektur yang indah. 

Sehingga pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan mengenai wisata religi masjid yang ada di jawa timur. Adapun beberapa masjid bisa anda kunjungi, sebagai berikut  : 


Dimana Saja Masjid yang Cocok untuk Dijadikan Wisata Religi ?

1. Masjid Tiban Turen

Masjid tiban atau dikenal sebagai masjid turen merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi. Masjid ini berada di pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah yang berada di Kecamatan Turen, tepatnya di  Kabupaten Malang. 

Sumber foto dari instagram malangchannel

Arsitektur dari masjid ini sangat kental dengan nuansa di Timur Tengah. terdapat menara- menara yang tinggi dan kubah dengan beraneka warna. Lorong - lorongnya di masjid ini juga sangat unik, dimana lorong yang terdapat akuarium dengan berbagai jenis ikan. 

Ada juga lorong yang mirip seperti gua dengan stalakmit dan stalaktit pada bagian atapnya. Tidak heran jika masjid ini sangat luas dan tinggi. Saat anda sedang berkunjung ke wisata religi disana, maka anda dapat melihat pemandangan alam sekitar turen di ketinggian masjid.

2. Masjid Namira di Lamongan

Masjid namira yang berada di lamongan disamakan dengan megahnya hotel bintang lima. Masjid ini terletak di jalan raya mantup, tepatnya di kota lamongan. Arsitektur masjid ini modern dan kental serta nuansa yang megah. Kiswah ka’bah yang ada di tempat imam menjadi salah satu daya tarik masjid ini.  Masjid ini juga menyediakan makan gratis bagi para jamaahnya. Terutama sesudah sholat subuh.

Sumber foto dari instagram pesonalamongan


3. Masjid Agung Sumenep

Masjid ini berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Masjid Agung Sumenep ini mempunyai arsitektur yang unik. Eksterior dan interior masjid sebagian besarnya dipengaruhi oleh gaya kebudayaan madura, jawa, Eropa, dan Tiongkok. Masjid ini merupakan salah satu Landmark di Madura.

Sumber foto dari instagram bayusyuhada

Sementara hal yang menjadi ciri khas masjid ini yaitu bentuknya yang megah dan unik yang didominasi dengan warna kuning dan putih pada cat eksterior masjid. Dan untuk interor masjidnya ada banyak sekali pilar besar. Atap kayu serta pilar - pilar tersebut terkesan seperti bangunan jawa kuno.

4. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid terakhir di jawa timur yang bisa anda jadikan tujuan wisata religi yaitu masjid cheng ho di surabaya. Masjid ini memiliki nuansa muslim tionghoa yang berada di genteng, surabaya. 

Sumber foto dari instagram triptrapliburan

Masjid ini dibangun sebagai penghormatan kepada laksamana dari tiongkok yaitu cheng ho yang beragama islam. Masjid ini dibangun sekaligus untuk mengenang dakwah penyebaran agama islam.

Selain itu, masjid yang satu ini juga bisa menampung sekitar 200 jamaah, jadi dapat dikatakan tidak begitu besar. Masjid cheng ho didominasi dengan warna merah khas tionghoa. Dan bentuk bangunannya adalah perpaduan gaya budaya lokal jawa dan Timur Tengah.

Itulah beberapa wisata religi masjid di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi. Semoga berguna dan bermanfaat!


Wisata Menarik Lainnya :
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Wisata