Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Bayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) secara Online di Aplikasi Shopee






Pajak bumi dan bangunan biasanya kita membayar setiap tahunnya. Terakhir pembayaran PBB ini umumnya pada bulan Agustus. Apabila melebihi batas terakhir pembayaran, kemungkinan kita akan dikenakan biaya tambahan atau denda.

Pajak bumi dan bangunan biasanya bisa dibayarkan secara langsung ke Kantor Pos, Kecamatan/Kelurahan, Bapenda dan sebagainya. Ada juga pembayaran pajak tersebut melalui petugas dari Kelurahan atau sebagainya yang langsung mengunjungi dari rumah ke rumah.

Sebaiknya saran kami, Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung atau sendiri untuk mengetahui dan menerima bukti pembayaran yang pasti. Kini pembayaran PBB semakin dimudahkan, pasalnya di era yang serba digital semua menjadi lebih praktis.

Anda pasti mengenal atau memiliki aplikasi Shopee. Pada aplikasi tersebut juga disediakan fitur bayar tagihan di dalamnya. Jika Anda ingin membayar PBB secara online, boleh mencoba membayarnya melalui aplikasi Shopee. Pahami langkah-langkahnya seperti berikut ini.


Cara Membayar PBB di Aplikasi Shopee dengan Mudah

Bayar pajak bumi dan bangunan di aplikasi Shopee apa bisa? Tentu saja bisa, Anda juga bisa menggunakan metode pembayaran apa saja saat proses transaksinya.

Selain itu, apabila Anda memiliki voucher juga bisa digunakan saat melakukan pembayaran untuk mendapat cashback atau diskon. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tahap-tahapnya di bawah ini.

1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Shopee di smartphone. Apabila belum, bisa mengunduhnya di Play Store ataupun App Store.

Setelah mengunduh, lakukan daftar pertama kali dengan nomor handphone atau yang lainnya. Jangan lupa upgrade ke ShopeePay plus untuk menikmati fitur ShopeePay dan lain-lain.

2. Buka di smartphone aplikasi Shopee Anda.

3. Pada halaman Rekomendasi, Anda bisa langsung klik fitur Pulsa, Tagihan dan Tiket.

4. Scroll atau gulir ke bawah pada menu Tagihan ada beberapa fitur diantaranya Listrik PLN, BPJS, Telkom, TV Kabel & Internet, Pasca Bayar, PDAM, Angsuran Kredit, Kartu Kredit, Indihome Minipack, Biaya Pendidikan, PBB, PGN, Instalasi TV Kabel & Internet, Retribusi, IPL dan Samsat. Ada banyak sekali fitur lengkap, namun Anda pilih yang PBB.

5. Pada halaman pertama PBB, silahkan pilih Daerah atau Wilayah dan Tahun. Selain itu, masukkan Nomor Objek Pajaknya. Anda bisa klaim voucher, apabila tersedia dan pastinya bisa Anda gunakan dengan metode pembayaran yang dipilih. Setelah itu, klik Lihat Tagihan.

Catatan : 1) Anda harus memeriksa tanggal jatuh temponya, 2) Anda harus menggunakan NOP atau Nomor Objek Pajak yang ada pada SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang, 3) Pengguna dapat melakukan pembayaran pajak properti lebih dari satu kali, termasuk apabila atas nama orang lain.

6. Muncul halaman Rincian Tagihan PBB. Cek apakah semuanya benar, mulai dari Nomor Objek Pajak, Nama Pelanggan, Tahun, Daerah dan Total Tagihan. Anda akan akan dikenakan biaya admin sekitar Rp. 5.000 setiap pembayaran PBB. Jika sudah benar, lalu klik Lanjutkan.

7. Seperti transaksi belanja pada umumnya, Anda akan diarahkan ke halaman Checkout. Gunakan voucher Anda, jika ada.

Anda harus memilih metode pembayaran yang akan digunakan diantaranya ShopeePay, Transfer Bank, Kartu Kredit/Debit, Alfamart/Alfamidi dan Indomaret/I.Saku. Setelah itu klik Bayar Sekarang.

8. Kami menggunakan ShopeePay, jadi harus memasukkan PIN ShopeePay terlebih dahulu.

9. Anda sudah berhasil membayar PBB. Silahkan klik untuk melihat rincian pesanan.

10. Selesai. Anda akan menerima Struk Pembayaran PBB dari Shopee. Selain itu, Struk Pembayaran bisa dilihat di email Anda.

Itulah tutorial bagaimana caranya membayar PBB atau Pajak Bumi & Bangunan melalui aplikasi Shopee secara mudah dan cepat. Kekurangannya mungkin Anda akan dikenakan biaya admin. Kelebihannya Anda bisa membayar secara langsung lewat online tanpa harus keluar rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!



Baca Juga:
Ana Bintang
Ana Bintang Belajar melalui tulisan dan menulis untuk berbagi kebaikan. Ambil baiknya dan buang buruknya. Bukankah kita manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk saling melengkapi.