Cara Membuat WhatsApp Bisnis dan Berbagai Macam Fiturnya


Apa itu Whatsapp Business atau WA Bisnis? Whatsapp Business adalah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis, anda dapat mengunduhnya di Play Store dan desain khusus aplikasi ini untuk membantu serta membangun kebutuhan bisnis. 

WA Bisnis sangat bermanfaat bagi pelaku UKM dalam mengembangkan bisnisnya serta menarik lebih banyak lagi pelanggan. Aplikasi ini memudahkan anda untuk menjalin komunikasi yang baik dengan customer.

Bisnis anda lebih optimal didukung dengan fitur-fitur canggih dalam Whatsapp Business. Segala fitur layanan dapat membuat anda cepat dan tanggap ketika merespon orderan baru sampai menyelesaikan transaksi jual beli dengan pelanggan.

Tentu untuk pertama kalinya yang ingin memiliki WA Bisnis ini perlu penjelasan lebih lanjut, apa saja fitur Whatsapp Business dan bagaimana cara membuat WA Bisnis untuk usahanya. Kami akan memberikan tutorial membuat Whatsapp Business sebagai berikut.


Cara Membuat akun WA Bisnis dengan Mudah 

Anda mungkin ingin memiliki akun whatsapp bisnis sendiri. Caranya cukup mudah, anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

1. Pertama kalinya anda harus mengunduh aplikasi Whatsapp Business di Play Store.

2. Setelah itu anda buka aplikasinya dan Baca ketentuan WA bisnis ini, lanjut dengan klik setuju serta lanjutkan dengan ketentuan yang ada.

3. Mulai mendaftar dengan nomor HP, alangkah baiknya anda menggunakan nomor khusus untuk bisnis ini agar memudahkan sistem verifikasinya.

4. Anda bisa memulai dengan pilih negara serta kode negara, lalu masukkan nomor yang ingin digunakan dan klik Lanjut.

5. Akan ada kode OTP 6 digit yang masuk melalui SMS dan masukkan kode tersebut di WA bisnis.

6. Langsung buat akun dengan mengisi nama profil anda.

7. Untuk mengubah dan mengisi fitur Whatsapp bisnis anda langsung saja klik titik tiga pada pojok atas sebelah kanan. Selanjutnya anda klik settings – business settings. 


Macam-macam Fitur Whatsapp Bisnis Beserta Cara Penggunaannya

1. Nama Pengguna

Bagaimana cara membuat nama akun Pengguana di WA Bisnis? Pada nama akun WA bisnis berbeda dengan WA Messenger. Jika WA Messenger anda dapat menggunakan nama akun secara bebas, baik menambahkan simbol, emoji dan sebagainya.

Untuk WA Bisnis cukup terbatas serta memiliki ketentuan lain untuk menggunakan nama bisnis secara resmi.

2. Profil Bisnis

Bagaimana cara mengubah profil bisnis dalam WA Bisnis? Anda pergi ke pengaturan > fitur bisnis > profil bisnis. Anda dapat mengelola nama, alamat, kategori bisnis, email jam kerja serta situs webnya. 

3. Pesan Otomatis

Bagaimana cara membuat pesan balas otomatis di WA Bisnis? Anda pergi ke menu, lalu klik pengaturan > fitur bisnis > profil bisnis > fitur perpesanan.

Whatsapp Business memberikan 3 fitur balas pesan otomatis yang dapat anda gunakan. Lalu seperti apa 3 fitur tersebut, baca penjelasan berikut ini.

Greeting message atau salam untuk menyambut pelanggan baru secara otomatis. Anda perlu menggunakan fitur ini untuk membangun komunikasi agar lebih baik. Fitur ini juga otomatis terkirim kepada customer yang menghubungi anda setelah 14 hari lamanya tidak berkomunikasi.

Away message atau pesan di luar jam kerja. Fitur ini akan membalas secara otomatis ketika di luar jam kerja atau operasional bisnis anda. jadi anda tidak perlu khawatir, pelanggan akan menerima pesan otomatis ketika anda sedang libur atau offline dan komunikasi tetap terhubung dengan pelanggan.

Quick replies atau balas cepat berfungsi untuk menggunakan kembali pesan yang sering dikirim. Anda harus membuat pesan balasan yang kemungkinan besar selalu ditanyakan oleh pelanggan kepada anda. fitur ini sangat efektif dan menghemat waktu untuk mengulang pesan sebelumnya.

4. Katalog

Bagaimana cara membuat katalog produk di WA Bisnis? Layaknya marketplace, anda juga bisa menambahkan katalog produk bisnis di Whatsapp Business. Caranya cukup mudah, anda klik saja pengaturan > fitur bisnis > katalog > tambahkan produk baru. 

Setelah itu anda mulai menambahkan produk dengan melengkapi foto produk, nama produk, harga, deskripsi, link toko dan kodenya. Ini merupakan kesempatan terbaik anda untuk menarik pelanggan melalui katalog. Buat sesimple dan menarik agar pelanggan tidak ragu untuk langsung membeli produk bisnis anda.

5. Label

Bagaimana cara membuat label di WA Bisnis? Label berfungsi untuk mengelola chatting dan pelanggan. Dalam fitur ini anda dapat mengelompokkan pada jenis atau status pelanggan tertentu.

Misalnya ada pesan yang berisi telah melakukan pembayaran, anda dapat memberikan label kepada status pelanggan yang sudah lunas pembayaran.

Cara membuat label di Whatsapp Business sebagai berikut. 

Pertama, tekan serta tahan chat yang ingin anda terapkan label. Kedua, anda klik icon persegi panjang di atas. Ketiga, muncul label chat dan anda pilih chat tersebut termasuk dalam label apa. 

Entah itu, new customer, new order, panding payment dan sebagainya. Apabila anda ingin memberikan label baru, langsung klik new label dilanjut klik save.

6. Statistik Pesan

Bagaimana cara melihat Statistik Pesan di WA Bisnis? Anda buka Whatsapp Business, klik menu atau titik tiga di atas. Lalu klik setelan dan pilih setelan bisnis. Selanjutnya klik fitur statistik. 

Statistik pesan berguna untuk mengetahui pesan yang diterima, dibaca dan pesan terkirim. Anda dapat meninjau yang mana pesan cukup efektif. 

7. Broadcast

Cara membuat pesan broadcast di WA Bisnis? Anda dapat menggunakan fitur broadcast untuk memajukan usaha serta menambah penjualan. Manfaatnya fitur dapat berfungsi untuk menawarkan produk, memberitahukan promo, harga paket produk dan yang lainnya. 

Pertama, anda buka menu dan klik new broadcast atau siaran baru. Selanjutnya pilih siapa saja kontak penerima yang akan mendapat pesan tersebut.  Setelah itu klik centang hijau dan kontak sudah dikelompokkan. Anda tinggal mengirimkan isi dari pesan penawaran produk bisnisnya.

8. Tanda Centang Whatsapp Bisnis

Akun bisnis anda dapat memiliki centang atau diakui secara resmi. Anda perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan nomor yang anda daftarkan. 

Selanjutnya pihak Whatsapp akan memberikan centang hijau. Selain itu, pelanggan dapat melihat centang hijau pada bagian profil atau samping judul chatting.

Dalam menggunakan Whatsapp Bisnis, anda akan merasakan berbagai manfaatnya. Mulai dari toko lebih dipercaya pelanggan, mudah dalam menawarkan produk, lebih dekat dengan pelanggan untuk menciptakan komunikasi yang baik sampai dengan meningkatnya pendapatan. 

Tunggu apalagi? Langsung buat WA Bisnis anda untuk memajukan atau mengembangkan usaha. Jangan lupa berikan kenyamanan komunikasi dengan customer. Semoga Cara Membuat Whatsapp Business ini dapat membantu anda dalam membuat akun bisnis pribadi. Selamat mencoba!



Baca Juga:
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Tutorial