Ragam Wisata di Bromo yang Eksotis dan Indah, Ini Dia Rekomendasi Destinasi Untuk Wisatawan


sumber gambar : icaro_offroad


Bromo merupakan nama sebuah gunung yang di sini berada di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang cukup terkenal di Negara Indonesia. 

Menurut sejarahnya sendiri, Gunung Bromo terbentuk oleh karena letusan dahsyat dari Gunung Tengger hingga akhirnya membentuk kaldera dengan diameter melebihi 8 km. Tempat wisata Bromo memang selalu menarik minat para wisatawan, baik itu mereka yang berasal dari dalam ataupun luar negeri.

Bromo di sini menawarkan pemandangan yang begitu eksotis dan indah dan tidak bisa Anda peroleh di tempat lainnya di negara Indonesia. Tiap hari ratusan wisatawan mancanegara dan lokal berbondong-bondong atau datang agar bisa menikmati kemegahan dari alam Bromo. Untuk mengetahui apa saja wisata yang ada di Bromo, maka Anda perlu baca ulasan di bawah ini.


Ragam Wisata di Bromo

Tempat wisata Bromo memang menawarkan panorama alam yang begitu asri dan alami serta mampu menyegarkan jiwa Anda. Tempat wisata tersebut terdiri atas banyak keindahan alam khas daerah pegunungan. Anda nantinya dapat menyaksikan bukit yang hijau dengan rumput savanaya mengelilingi area lautan pasir yang terbentang luas.

Gunung tersebut berada di area Gunung Bromo, Probolinggo Jawa Timur. Perlu diketahui gunung tersebut membentang di empat kabupaten. Karena itulah, terdapat empat rute yang bisa dipakai untuk bisa sampai ke gunung tersebut.

Ketinggian dari gunung ini mencapai 4000 m dari atas permukaan laut, maka gunung tersebut jadi salah satu gunung yang paling tinggi di Indonesia pada masanya. Harga tiket masuk untuk menuju ke Gunung Bromo mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk wisatawan lokal tiket masuk akan dikenakan sebesar Rp 29.000. Namun jika di sini Anda datang saat hari libur maka tiket yang harus dibayar sebesar Rp 34.000. Sedangkan bagi turis mancanegara yang hendak menyaksikan keindahan dan kemegahan dari Gunung Bromo, maka perlu membayar sebesar Rp 220.000, sedangkan ketika mereka datang pada hari libur yaitu sebesar Rp 320.000.

Selain tiket masuk tersebut, pengunjung pun nantinya akan dikenakan biaya portal yang ditarik oleh Pemda. Biaya yang perlu dibayarkan yaitu sebesar Rp 10.000 untuk tiap orangnya. Gunung Bromo selain dikenal dengan pemandangan berupa matahari terbitnya, tempat tersebut juga terkenal oleh kawah yang begitu memukau.

Umumnya setelah selesai hunting matahari terbit wisatawan akan diajak menuju ke Gunung Batok yang terdapat hamparan pasir yang begitu luas serta jalan menuju ke kawasan Bromo. Untuk bisa sampai di kawah Bromo ini Anda bisa menaiki kuda ataupun jalan kaki. 

Jaraknya memang lumayan jauh, jika di sini Anda naik kuda maka biaya yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 150.000 untuk tiap kudanya. Dan biaya tersebut merupakan biaya pulang pergi. Untuk harga sewa jeepnya sendiri sekitar Rp 500.000 yang dapat Anda naiki maksimal 6 orang.


Kawah Gunung Bromo

sumber gambar : muhammadhafidz_a

Objek wisata Gunung Bromo yang pertama yaitu kawah gunung. Kawah gunung di kawasan Bromo merupakan destinasi yang memang wajib untuk Anda kunjungi. Di sini nantinya Anda dapat menyaksikan secara langsung kecantikan dari kawah Bromo yang memang tampak begitu alami serta mempesona. 

Untuk bisa mencapai kawah Gunung Bromo tersebut Anda hanya perlu untuk berjalan sejauh 2 km dari area parkir saja. Selain itu Anda juga bisa menyewa serta menaiki kuda untuk menuju ke kawasan gunung tersebut.


Savana

sumber gambar : photo.bytopo

Objek wisata yang kedua yaitu padang rumput Savana. Savana yang terdapat di selatan timur gunung ini memang patut untuk Anda kunjungi. Tempat tersebut dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi serta beberapa punggung gunung yang kecil.

Padang rumput savana yang terdapat di Bromo cukup luas dan tentu akan sangat menakjubkan. Akses mudah untuk menuju ke Savana yaitu dengan Anda menunggangi kendaraan bermotor seperti sepeda motor.


Pasir Berbisik

sumber gambar : reynaldi_iqbal

Wisata lain yang bisa dikunjungi selama Anda berada di kawasan Bromo yaitu pasir berbisik. Sebelum di sini Anda tiba di bagian kawah Anda akan disambut dengan panorama hamparan pasir yang relatif luas. Hamparan pasir tersebut dijuluki dengan pasir berbisik. 

Areanya memang terbilang cukup luas, sehingga akan memudahkan bagi pengunjung mengambil spot foto terbaik. Selain itu juga di kawasan Pasir Berbisik Anda bisa menikmati aktivitas lain seperti contohnya mengendarai motor trail, menunggangi kuda serta aktivitas seru lainnya. Lokasinya sendiri terdapat di area sebelah timur dari puncak gunung Bromo.


Bukit Teletubbies

sumber gambar : ricky_joe

Tempat wisata lain di Bromo yang patut untuk dikunjungi yaitu Bukit Teletubbies Bromo. Bukit Teletubbies ini merupakan salah satu daya tarik lain yang ditawarkan oleh gunung Bromo hingga akhirnya banyak pengunjung yang berdatangan. 

Bukit Teletubbies ini benar-benar menawarkan panorama yang begitu indah dari Gunung Bromo dengan bukit hijau yang berderet serta area perbukitan tersebut juga terbukti menjadi salah satu spot foto indah dan terbaik. Tempat tersebut dipenuhi dengan rerumputan hijau yang tentunya terjaga rapi dan tampak begitu cantik.


B 29 Argosari

sumber gambar : acbart_photography

Area wisata yang berikutnya yaitu B 29 Argosari merupakan salah satu spot untuk berkemah favorit bagi pengunjung yang mengunjungi gunung. Destinasi wisata tersebut memang terbilang asing bagi wisatawan karena tempat tersebut adalah puncak yang paling tinggi di wisata Gunung Bromo.

Udara di tempat tersebut begitu dingin serta panoramanya yang begitu indah dan ditambah hamparan tumbuhan khas area dataran tinggi sehingga membuat area wisata tersebut sangat sayang jika dilewatkan. Lokasi dari B 29 Argosari terdapat di Desa Argosari, Kecamatan Senduro yaitu sekitar 40 km jika Anda berangkat dari Kota Lumajang.


Bukit Mentigen

sumber gambar : muhammad_syaiful.r

Tempat wisata Gunung Bromo yang berikutnya yaitu bukit mentingen. Alternatif ketiga untuk Anda yang ingin mencari pemandangan matahari terbit yang begitu memukau di Bromo yaitu Bukit Mantingen. Sekalipun tidak terlampau tinggi bukit tersebut bisa jadi alternatif terbaik ketika Anda mengunjungi Gunung Bromo terlebih bagi Anda yang datang sebagai backpacker. 


Bukit Kingkong

sumber gambar : barrykusuma

Area wisata lain yang bisa dikunjungi selama berada di Gunung Bromo yaitu Bukit Kingkong. Bukit ini telah menjadi salah satu area yang cukup sering dipakai untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di wilayah Bromo, sekalipun jadi alternatif untuk melihat pemandangan matahari terbit, tapi di tempat tersebut cukup populer di wisatawan yang datang ke tempat ini. 

Sehingga untuk dapat menyaksikan keindahannya Anda harus rela berdesakan dengan pengunjung lain yang mereka semua ingin menyaksikan pemandangan sunrise di tempat tersebut.

Itulah tadi ulasan mengenai apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi di wilayah Bromo. Oleh karena itulah bagi Anda yang memang tengah mencari tempat wisata menarik dan patut untuk dikunjungi selama liburan panjang tiba maka saat disarankan untuk anda segera meluncur ke Gunung Bromo.


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Wisata